Rampung 2023, Bendungan Sepaku Semoi Pasok Kebutuhan Air IKN Nusantara

Andi M. Arief
21 April 2022, 18:15
Konstruksi Bendungan Sepaku Semoi di IKN Nusantara.
Humas Kementerian PUPR
Konstruksi Bendungan Sepaku Semoi di IKN Nusantara.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mendesain pengendali banjir dan jaringan drainase Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bendungan Sepaku Semoi dinilai akan menjadi urat nadi ketersediaan air di IKN. 

Sebagai informasi, konstruksi Bendungan Sepaku Semoi telah mencapai 45% dan ditargetkan rampung pada awal 2023. Sementara itu, pengisian air (impounding) akan rampung pada pertengahan 2023. 

"Dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi, penyediaan air baku IKN masih cukup hingga 2030. Ke depan kita juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Kamis (21/4). 

Basuki mencatat nilai investasi yang ditelan bendungan tersebut mencapai Rp 556 miliar. Pengerjaan konstruksi bendungan tersebut dilakukan oleh kerja sama operasi (KSO) antara PT Brantas Abipraya, PT SAC Nusantara, dan PT Basuki Rahmanta Putra. 

Sejauh ini, beberapa pekerjaan konstruksi  Bendungan Sepaku Semoi yang telah dilakukan adalah  penyiapan bangunan pelimpah, bangunan pengelak, dan tubuh bendungan meliputi main caver dam. 

Bendungan Sepaku Semoi dirancang memiliki kapasitas tampung sebesar 10,6 juta meter kubik dengan luas genangan 280 hektare. Bendungan ini direncanakan memasok air baku ke IKN Nusantara sebesar 2.500 liter per detik (lpd) dan mereduksi banjir hingga 55%. 

Selain Bendungan Sepaku Semoi, kebutuhan air baku IKN Baru akan dipasok oleh Bendungan Batu Lepek sebesar 5.000 lpd dan Bendungan Selamayu hingga 3.950 lpd. Sampai saat ini, Bendungan Batu Lepek masih belum dibangun tapi telah dijadwalkan rampung pada 2024. Sementara Bendungan Selamayu baru selesai melalui proses studi kelayakan pada tahun lalu. 

Selain ketiga bendungan itu, Kalimantan Timur telah memiliki tiga bendungan yang telah berdiri, yakni Bendungan Manggar dengan kapasitas 14,2 juta meter kubik, bendungan Samboja, berkapasitas 5,09 juta meter kubik, dan Bendungan Lempake sekitar 670 ribu meter kubik. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...