Singapura Tarik Saus dan Kecap ABC dari Pasaran

Andi M. Arief
7 September 2022, 16:20
Ilustrasi Singapura
Pixabay/Graham Hobster
Ilustrasi Singapura

Badan Pangan Singapura atau SFA telah menarik dua produk buatan PT Heinz ABC Indonesia dari pasar negara tersebut, yakni Kecap Manis ABC dan Saus Sambal ABC Ayam Goreng.  Alasan penarikan kedua produk tersebut karena mengandung bahan yang berpotensi memicu alergi tapi tidak disebutkan dalam kemasan.

SFA menemukan sulfur dioksida dalam Kecap Manis ABC dan saus ABC Ayam Goreng. Namun demikian, kandungan tersebut tidak disebutkan pada kemasan makanan. Tingkat sulfur dioksida dan asam benzoat yang terdeteksi berada dalam batas maksimum
diperbolehkan dalam saus dan kecap.

Advertisement

"Sebagai tindakan pencegahan, SFA telah mengarahkan importir untuk menarik kembali barang tersebut produk yang terlibat. Penarikan kembali sedang berlangsung," dikutip dari rilis media SFA, Selasa (6/9).

Alergen dalam makanan dapat mengakibatkan reaksi alergi pada individu yang sensitif untuk itu. Berdasarkan Peraturan Makanan Singapura, produk makanan yang mengandung bahan-bahan yang diketahui menyebabkan hipersensitivitas harus dinyatakan pada label kemasan makanan untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Badan Pangan Singapura juga mewajibkan semua bahan dalam makanan kemasan ditulis berurutan dari mulai kandungannya paling banyak hingga sedikit.

Menurut SFA, kehadiran alergen belerang dioksida, putih telur dan tepung terigu sebenarnya tidak menimbulkan masalah keamanan pangan bagi konsumen pada umumnya. Namun hal ini bisa menimbulkan dampak bagi mereka yang alergi terhadap kandungan tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement