Taiwan hingga AS Jajaki Investasi Cip Semikonduktor di Indonesia

Andi M. Arief
11 Oktober 2022, 18:05
Ilustrasi Cip
Pexels
Ilustrasi Cip

Kementerian Perindustrian menyatakan saat ini ada total empat negara yang melakukan penjajakan investasi di industri cip semikonduktor nasional. Keempat negara tersebut adalah Taiwan, Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sedang memetakan pohon industri cip semikonduktor saat ini. Hasil pemetaan tersebut akan dipresentasikan kepada beberapa perusahaan di Amerika Serikat pada akhir bulan ini.

"Apakah produksi di dalam negeri berupa desainnya, board-nya, packaging-nya, atau lainnya," kata Agus di Kompleks Istana Merdeka, Selasa (11/10).

Adapun, beberapa perusahaan cip semikonduktor yang dimaksud Agus adalah Intel, Micron Technology, Qualcomm, Broadcom, Texas Instruments, dan NVIDIA. Agus mengatakan pembicaraan investasi tersebut cukup intensif.

Agus menilai salah satu daya tarik bagi investor asing dalam sektor cip semikonduktor adalah ketersediaan bahan baku, yakni pasir silika. Menurutnya, daerah dengan cadangan pasir silika yang tinggi berada di Pulau Sumatra.

Sebelumnya, Agus mengatakan Kementerian Perindustrian telah menyusun peta jalan jangka menengah yakni tahun 2022-2030 untuk pengembangan industri semikonduktor di Indonesia. “Untuk mendukung langkah tersebut, pemerintah akan memberikan sejumlah insentif kepada investor industri semikonduktor,” ujarnya.

Di sisi lain, Presiden AS Joe Biden belum lama ini telah menandatangani Undang-undang (UU) untuk manufaktur teknologi tinggi dan penelitian ilmiah yakni CHIPS and Science Act. Melalui UU ini, mereka mengalokasikan dana sebesar US$ 280 miliar atau Rp 4.108 triliun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...