Buah Sukses Hilirisasi, Ekspor Nikel Tumbuh Nyaris 400% Sepanjang 2022

Nadya Zahira
2 Januari 2023, 18:43
nikel, pelarangan ekspor nikel, hiliriasi, ekspor,
PT Antam Tbk
Petugas menunjukkan produk feronikel shot setelah melalui proses peleburan.

Kementerian Perdagangan atau Kemendag melaporkan nilai ekspor produk olahan nikel tumbuh hingga 398,39% pada periode Januari hingga November 2022 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya atau secara tahunan/year on year (YoY).

Jika dibandingkan dengan komoditas minerba lainnya, ekspor batu bara pada periode yang sama hanya meningkat 70,17%. Ini merupakan buah dari kebijakan larangan ekspor nikel mentah dan hilirisasi dengan membangun pabrik pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter.

“Nikel begitu dilarang punya nilai tambah yang luar biasa, ekspor olahan nikel tumbuh sangat tinggi sebesar 398,39%. Perbandingan produk-produk yang memiliki nilai tambah dengan yang tidak memiliki nilai tambah sangat terlihat sekali,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam Konferensi Pers Awal Tahun, di Jakarta, Senin (2/1).

Dia menambahkan bahwa kenaikan harga komoditas seperti nikel dan batu bara memang masih menjadi faktor utama pendorong kinerja ekspor Indonesia sebagai dampak supercycle commodity era atau periode di mana harga-harga komoditas mengalami kenaikan dalam waktu panjang.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tahun ini nilai ekspor olahan nikel berupa besi baja dan bahan baku mineral ditaksir mencapai US$ 28,2 miliar atau setara Rp 442,74 triliun (kurs Rp 15.700 per dolar AS).

Luhut melaporkan, torehan ekspor komoditas besi baja pada tahun 2021 mencapai US$ 20,95 miliar, sedangkan produk olahan lanjutan bijih nikel menjadi bahan baku baterai juga berkontribusi pada capaian ekspor senilai US$ 310 juta pada tahun yang sama.

"Tahun ini (2022) untuk besi baja mungkin kisaran US$ 23 miliar atau US$ 26 miliar Kita beruntung tujuh tahun lalu kita sudah mulai hilirisasi," kata Luhut dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 pada Rabu (30/11).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...