Tol Bangkinang-Pangkalan Tuntas 2024, Pekanbaru-Muara Takus Cuma 1 Jam

Tia Dwitiani Komalasari
5 Januari 2023, 08:19
Sejumlah Gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus) melintasi Sungai Tekuana di bawah terowongan gajah yang dibangun di seksi II Tol Pekanbaru-Dumai, Riau, pada 10 Februari 2020.
ANTARA FOTO/Dok. PT Hutama Karya/FBA/hp.
Sejumlah Gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus) melintasi Sungai Tekuana di bawah terowongan gajah yang dibangun di seksi II Tol Pekanbaru-Dumai, Riau, pada 10 Februari 2020.

Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan jalan tol Pekanbaru-Padang Seksi-Bangkinang sepanjang 30,9 km, Rabu (4/1). Pembangunan tol tersebut akan dilanjutkan hingga Pangkalan dan ditargetkan selesai 2024.

Ruas tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan daerah Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

"Pada ruas tol Pekanbaru-Padang, sekarang sudah bisa selesai Pekanbaru-Bangkinang, dan akan dilanjutkan sampai Pangkalan yang akan selesai pada 2024. Dari arah Padang, kini sedang dikerjakan Tol Padang-Sicincin, Insya Allah juga selesai 2024," kata Menteri Basuki.

Berikut sejumlah ruas tol Trans Sumatera yang telah rampung, seperti tertera dalam grafik.

Pekanbaru-Muara Takus 1 Jam

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Danang Parikesit mengatakan, tersambungnya ruas Tol Pekanbaru hingga Pangkalan diharapkan dapat menjadi tulang punggung Trans Sumatera. Hal itu diharapkan dapat menciptakan kawasan perekonomian baru di Provinsi Riau, khususnya industri perkebunan, pertambangan, dan industri turunannya di Kabupaten Kampar serta mendongkrak kawasan pariwisata Candi Muara Takus.

"Harapan kita kalau Tol Bangkinang-Pangkalan juga selesai dari 3 jam Pekanbaru menuju Muara Takus bisa kita pangkas menjadi 1-1,5 jam saja. Ruas tol ini akan menjadi pengungkit baru perekonomian di Provinsi Riau," kata Danang Parikesit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...