Jadi Partner RANS, Ini Tiga Trik Ichi Group Tarik Konsumen Gen Z
Ichi Group membagikan trik untuk menyasar konsumen Gen Z di bidang Food and Beverage atau F&B. Hal tu berdasarkan pengalaman mereka mengoperasikan sejumlah restoran ternama seperti Ikkudo Ichi Ramen dan Warung Leko.
CEO Ichi Group, Felix Tjahyadi mengatakan Ichi Group telah memiliki 1.000 karyawan lebih. Khusus Ikkudo Ichi, mereka telah memiliki 300 karyawan di 15 cabang.
“Kami berencana akan membuat sampai 20 gerai, tapi kita mau pastikan setiap pembukaan menjawab demand dan konsep yang baru,” ujarnya di Jakarta, Rabu (1/1).
Felix mengatakan, Ich Group berhasil bertahan pada masa pandemi dengan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap para karyawannya. Mereka justru tetap membuka lapangan pekerjaan pada saat masa sulit tersebut.
“Pada pandemi pun kita tidak ada pengurangan pegawai, kita berusaha sekali dari cabang ke cabang selalu berkontribusi dan tetap bertumbuh sehingga tidak ada PHK,” ujarnya.
Menarik Gen Z
Felix mengataka, salah satu kunci kesuksesan Ichi Group adalah menarik konsumen di kalangan anak muda, termasuk Gen Z. Dia pun membagikan trik Ichi Group menyasar konsumen tersebut:
1. Manfaatkan media sosial
Felix mengakui jika media sosial penting untuk memasarkan produk Ikkudo Ichi. Sejumlah produk yang viral akan membuat konsumen muda tertarik untuk mencoba.
Dia mengatakan, pelaku usaha juga perlu jeli memanfaatkan tantangan menjadi peluang. Misalnya saja saat Covid-19, Ikkudo Ichi membuka gerai dine in cae atau makan di dalam mobil. Startegi ttersebut membuat Ikkudo Ichi Ramen viral di media sosial.
“Pada saat pandemi Covid-19 saya punya ide di beberapa cabang dengan konsep dine in car, dan pada saat itu kami menjadi viral,” ujar Felix, saat ditemui awak media, pada Rabu (1/1).
2. Jual produk unik
Dia mengatakan, salah satu kunci sukses lainnya menarik gen Z adalah melakukan pembaharuan pada produk menu yang dijual. Felix sadar bahwa generasi muda menyukai hal-hal unik, sehingga pada saat itu Ikkudo Ichi ramen membuat terobosan terbaru yakni ice cream yang dicampur ke dalam semangkuk mie ramen.
Berkat adanya ide cemerlang dan terobosan baru tersebut, ramen ice cream viral di sejumlah platform media sosial seperti instagram, Tik Tok, dan twitter. Hal tersebut tentu diminati oleh Gen Z, dan para konsumen yang datang mayoritas adalah kawula muda.
“Kami selalu rejuvenation our brand, kami selalu cepat untuk langkah. Dengan begitu kami berhasil buat ramen ice cream yang viral di Tik Tok dan sosial media. Jadi Gen Z sangat relate dengan bisnis kami,” ujarya.
3. Kolaborasi
Selain itu, Ichi Group baru-baru ini juga menjalin kerja sama dengan RANS yang baru melakukan ekspansi ke bidang F&B. Felix mengatakan pihaknya senang berkolaborasi dengan RANS. Menurut dia, RANS memiliki visi dan misi yang sama dengan perusahaannya yaitu entrepreneurship dan kreativitas.
"Dengan bergabungnya keluarga Ichi Group, kita ingin ide-ide baru yang menggabungkan kreativitas dan makanan, saya harap dapat memberikan warna baru dalam industri F&B Indonesia." kata dia.