PeduliLindungi Ganti Nama, KAI Minta Penumpang Bawa Bukti Vaksin

Nadya Zahira
2 Maret 2023, 07:22
PeduliLindungi, satu sehat, kai
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp
Wisatawan melakukan scan QR Code sertifikat vaksin COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi saat hari pertama uji coba pembukaan Daya Tarik Wisata (DTW) Uluwatu, Badung, Bali, Senin (13/9/2021).

PeduliLindungi ganti nama menjadi Satu Sehat. PT Kereta Api Indonesia atau KAI mengimbau penumpang membawa bukti vaksinasi Covid-19.

Caranya bisa dengan menunjukkan dokumen vaksinasi Covid-19 berupa soft copy di ponsel pintar (smartphone) maupun dalam bentuk fisik. “Ini antisipasi jika validasi status vaksin pelanggan saat boarding mengalami gangguan dalam menampilkan status vaksin,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan pers, Kamis (2/3).

KAI akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai pihak pengelola aplikasi PeduliLindungi yang berganti nama menjadi Satu Sehat

"Apabila proses migrasi selesai seluruhnya, dan integrasi dengan sistem boarding sudah normal seperti semula, kami akan segera sampaikan kepada masyarakat," ujar Joni.

KAI sebenarnya telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding sejak 23 Juli 2021. Ini bertujuan membantu proses validasi dokumen kesehatan calon penumpang.

Melalui integrasi tersebut, data vaksinasi pelanggan di PeduliLindungi akan muncul pada layar komputer petugas saat proses boarding.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...