BPOM Nyatakan Indomie Aman Dikonsumsi Meskipun Ditarik di Taiwan

Tia Dwitiani Komalasari
28 April 2023, 09:06
Indomie Rasa Ayam Spesial yang diperiksa di Taiwan
Departemen Kesehatan Taiwan via Taiwannews.com
Indomie Rasa Ayam Spesial yang diperiksa di Taiwan

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia atau BPOM RI menyatakan Indomie Rasa Ayam Spesial aman dikonsumsi meskipun ditarik di Taiwan. Kandungan EtO dalam mie instan tersebut masih jauh di bawah batas ambang yang ditentukan oleh BPOM RI.

Pernyataan BPOM RI tersebut menanggapi hasil pengawasan Otoritas Kesehatan Kota Taipei, Taiwan, pada tanggal 24 April 2023. Dalam pengawasan tersebut diketahu sejumlah produk mie instan mengandung residu pestisida EtO dan tidak sesuai dengan peraturan di Taiwan, termasuk Indomie Rasa Ayam Spesial.

Dikutip dari situs POM RI, Otoritas Kesehatan Kota Taipei melaporkan keberadaan EtO pada bumbu produk mi instan merek Indomie Rasa Ayam Spesial produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, sebesar 0,187 mg/kg (ppm). Taiwan tidak memperbolehkan EtO pada pangan.

"Metode analisis yang digunakan oleh Taiwan FDA adalah metode penentuan 2-Chloro Ethanol (2-CE), yang hasil ujinya dikonversi sebagai EtO. Oleh karena itu, kadar EtO sebesar 0,187 ppm setara dengan kadar 2-CE sebesar 0,34 ppm," tulis pernyataan tersebut, dikutip Jumat (28/4).

Indonesia telah mengatur Batas Maksimal Residu (BMR) 2-CE sebesar 85 ppm melalui Keputusan Kepala BPOM Nomor 229 Tahun 2022 tentang Pedoman Mitigasi Risiko Kesehatan Senyawa Etilen Oksida. Dengan demikian, kadar 2-CE yang terdeteksi pada sampel mi instan di Taiwan (0,34 ppm) masih jauh di bawah BMR 2-CE di Indonesia dan di sejumlah negara lain, seperti Amerika dan Kanada.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...