Erick Ajak Qatar Garap Pengolahan Daging Sapi Demi Kurangi Impor

Andi M. Arief
10 Mei 2023, 11:03
erick thohir, sapi, qatar
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan keterangan pers usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Menteri Badan Usaha Milik negara Erick Thohir akan mengurangi impor beberapa komoditas pangan. Strategi yang digunakan adalah industrialisasi sektor pangan, khususnya gula dan daging sapi.

Erick memproyeksikan konsumsi daging akan naik dua kali lipat pada 2035. Pasalnya, masyarakat berpendapatan kelas menengah akan naik menjadi 145 juta orang pada tahun yang sama.

"Impor daging yang kurang lebih saat ini 1,5 juta ton per tahun akan meningkat jadi 3 juta ton. Masa impor melulu," kata Erick di Labuan Bajo, Rabu (10/5).

Erick menilai industrialisasi pangan penting agar peningkatan permintaan pangan pada 2035 tidak tergantung pada impor. Oleh karena itu, ia berniat bekerja sama dengan Qatar terkait pengembangan industrialisasi daging sapi.

Pemilihan Qatar berlandaskan pengalamannya terkait pemenuhan daging sapi. Menurutnya, Qatar mulai melakukan industrialisasi daging sapi setelah pasokan ribuan ton daging impor anjlok akibat ketegangan politik.

"Kalau di gurun saja, kita yang penuh dengan tumbuhan hijau bisa memelihara sapi," kata Erick.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...