Jokowi Sebut Hampir Separuh Jalan Kabupaten di Jambi Rusak

Nadya Zahira
16 Mei 2023, 19:22
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau jalanan rusak di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Selasa (16/5). Foto: Laily Rachev (Biro Pers Sekretariat Presiden).
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau jalanan rusak di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Selasa (16/5). Foto: Laily Rachev (Biro Pers Sekretariat Presiden).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjajal jalan rusak di Provinsi Jambi, Selasa (16/5/2023). Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, jalan rusak di Jambi didominasi oleh jalan milik Kabupaten.

Jokowi mengatakan, Provinsi Jambi terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota. Jalan kabupaten yang rusak mencapai 4.600 km atau hampir separuh dari total 10.000 km.

Sementara Jalan provinsi yang rusak mencapai 250 km atau sekitar 25% dari total 1.030 km. Jalan nasional yang rusak mencapai 130 km atau 10% dari total 1.300 km.

"Itu berdasarkan data-data Kementerian PUPR. Data-data yang saya miliki juga berasal dari masyarakat dan tadi dikonfirmasi ke Pak Gubernur dan Pak Bupati," kata Jokowi dala keterangan tertulis, Selasa (16/5).

Pemerintah Pusat Ambil Alih Perbaikan

Salah satu jalan yang yang ditinjau Jokowi yaitu ruas Jalan Batas Kota Jambi - Simpang Desa Sungai Gelam yang menjadi akses menuju kawasan Agrowisata Nanas di Desa Tangkit Baru, Sungai Gelam di Kabupaten Muaro Jambi.

Jokowi mengatakan, Jalan Batas Kota Jambi-Simpang Desa Sungai Gelam merupakan jalur logistik untuk mendukung pertanian buah nanas. Menurut Jokowi, ruas tersebut masuk kategori rusak berat yang harus segera dilakukan penanganan.

Dia mengatakan, ruas tersebut merupakan jalan kabupaten atau daerah. Namun demikian, pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan yang rencananya akan dimulai Juli atau Agustus 2023.

"Jalan logistik sangat penting sekali, jalan produksi itu sangat penting sekali, sehingga itu yang didahulukan, apalagi rusak parah harus segera dikerjakan," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...