Bahlil Dorong Investasi Logam Dasar demi Ekosistem Kendaraan Listrik

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Juni 2023, 14:35
investasi, ekosistem kendaraan listrik, mobil listrik, kendaraan listrik
ANTARA FOTO/Agha Yuninda/wsj/tom.
Seorang pengemudi mengisi daya baterai mobil listriknya di SPKLU Gedung PLN Gambir, Jakarta, Rabu (13/0/2022).

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa pemerintah akan terus mengerek capaian realisasi investasi pada sektor industri logam dasar serta barang logam bukan mesin dan peralatannya.

Langkah tersebut dinilai menjadi loncatan untuk merealisasikan rencana industrialisasi berbasis ekonomi hijau, terutama pada pembangunan pabrik baterai untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik.

Bahlil menjelaskan, percepatan pertumbuhan investasi dalam negeri untuk sektor industri logam dasar hingga barang logam bukan mesin dan peralatannya menjadi faktor utama dalam mendukung proyek hilirisasi mineral domestik.

"Saya naikan terus investasi di industri logam dasar, barang logam bukan mesin dan peralatannya itu adalah untuk membuat pabrik dengan mengedepankan green energy dan green industry," kata Bahlil dalam pemaparannya di Universitas Bina Nusantara yang disiarkan secara daring pada Kamis (15/6).

Dalam uraiannya, Bahlil menjelaskan pemerintah telah menaikkan realisasi investasi pada industri logam dasar sejak tahun 2020, berbarengan dengan kebijakan pengetopan larangan ekspor bijih nikel. Total investasi yang masuk pada tahun itu mencapai Rp 94,8 triliun atau naik 53,8% dari Rp 61,6 triliun pada 2019.

Besaran penanaman modal pada sektor logam dasar konsisten naik menjadi Rp 171,2 triliun alias 177,9% pada 2022. "Pendekatan pemerintah ke depan adalah bagaimana memberikan nilai tambah dari hilirisasi mineral," ujar Bahlil.

Dia melanjutkan, langkah pemerintah untuk meningkatkan tarikan investasi dalam negeri di sektor hilirisasi mineral merupakan respons atas menjamurnya permodalan pada industri energi terbarukan, khususnya pada sektor energi dan moda transportasi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...