Ditjen Bina Konstruksi PUPR Minta Tambah Anggaran Rp114 Miliar

Nadya Zahira
21 Juni 2023, 07:11
Anggaran Kementerian PUPR
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/foc.
Kendaraan melintas di ruas jalan Sabuk Merah perbatasan Indonesia-Timor Leste di Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Senin (5/6/2023).

Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengusulkan penambahan pagu anggaran untuk tahun 2024 sebesar Rp 114 miliar. Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi, Rachman Arief Dienaputra mengatakan penambahan pagu tersebut diperlukan untuk perbaikan pembangunan. . 

“Kami membutuhkan dukungan untuk bisa memenuhi usulan (penambahan anggaran) guna pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang lebih berkualitas," ujar Rachman dalam Rapat Dengar Pendapat atau RDP bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (20/6).

Pada awalnya Ditjen Bina Konstruksi mendapat jatah pagu anggaran untuk 2024 senilai Rp 578 miliar. Dengan begitu, jika usulan penambahan disetujui, pagu yang diterima menjadi Rp 692 miliar. 

Rachman menyebutkan tambahan pagu anggaran akan digunakan untuk percepatan pencetakan Tenaga Kerja Konstruksi (TKK), dan percepatan sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU). Dana juga diperuntukkan untuk digitalisasi Pengadaan Barang atau Jasa (PBJ) sesuai Stranas Pencegahan Korupsi (Stranas PK)-KPK. 

Sementara pada tahun 2023, Ditjen Bina Konstruksi mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 588,7 miliar. Racham mengatakan, progres keuangan Ditjen Bina Konstruksi hingga 16 Juni 2023 adalah sebesar Rp 230,7 miliar atau 39,2%.

“Sedangkan untuk progres fisik Ditjen Bina Konstruksi pada periode yang sama, adalah sebesar 39,7%,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...