Gandeng UNESCO, Kementerian PUPR Bangun Museum di Candi Borobudur

Nadya Zahira
7 Juli 2023, 15:29
Umat Buddha mengikuti puja bakti detik-detik Waisak 2567 BE/2023 di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). Detik-detik Waisak dirayakan pada pukul 10.41.19 WIB dengan mengusung tema Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma Di Dalam
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.
Umat Buddha mengikuti puja bakti detik-detik Waisak 2567 BE/2023 di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). Detik-detik Waisak dirayakan pada pukul 10.41.19 WIB dengan mengusung tema Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma Di Dalam Kehidupan Sehari-Hari dan sub temanya Momentum Waisak Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Perdamaian Dunia.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR bersama Kementerian Pendidikan dan Budaya atau Kemendikbud akan membangun musem di Zona 2 Candi Borobudur. Pembangunan tersebut ditargetkan dapat rampung pada 2024. 

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, Kuswara, mengatakan saat ini pembangunan museum tersebut masih dalam tahap proses penyusunan desain dan masih menunggu persetujuan dari UNESCO.

“Jadi kita tetap pada dasarnya, harus komplit hak yang menjadi persyaratan UNESCO,” ujar Kuswara dalam acara Press Tour Borobudur dan Jawa Tengah, di Candi Borobudur, Magelang, Jumat (7/7). 

Dia mengatakan, adanya pembangunan museum di Candi Borobudur juga merupakan arahan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional atau Brin, serta Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi atau Marves Luhut Binsar Pandjaitan. 

Namun demikian, dia belum bisa menyebutkan jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan museum tersebut. Pasalnya, rencana itu masih dalam tahap pembahasan karena nilainya diprediksi masih akan bertambah. 

“Untuk anggaran itu masih dalam pembahasan, karena ini masib akan bergerak terus. Nanti kalau sudah ditetapkan akan segera kami informasikan,” kata dia. 

Kuswara mengatakan, nantinya museum tersebut berisikan sejarah awal mula terbangunnya Candi Borobudur dan perkembangannya hingga saat ini. Selain itu juga terdapat 3D terkait replika Candi Borobudur. Namun, ia mengatakan, untuk design lebih jelasnya terkait isi dari museum itu yang paling mengetahui adalah Kemendikbud. 

“Jadi isinya yang lebih tahu itu adalah Kemendikbud. Ini pun koordinasi design nya dengan Kemendikbud,” kata dia. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...