Waskita Bakal Bangun Jalan Kawasan Inti IKN, Nilainya Rp 1,3 Triliun

Nadya Zahira
7 Juli 2023, 21:33
waskita, ikn, jalan
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (25/2/2023).

Waskita melalui unit bisnisnya yaitu Infrastructure II Division, berhasil memenangkan lelang proyek Jalan Feeder Distrik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Adapun nilai paket pekerjaan tersebut sebesar Rp 1,3 triliun.

Penandatanganan kontrak kerja tersebut berlangsung pada Jum’at (7/7) di Balikpapan, Kalimantan Timur.  Director of Operation II Waskita, Dhetik, mengatakan proyek tersebut membutuhkan waktu selama 390 hari dan diperkirakan akan selesai pada bulan Agustus 2024. 

“Pembangunan proyek ini diiringi dengan sistem modernisasi Building Information Modeling (BIM) agar mempercepat pekerjaan sesuai target yang ditentukan," kata Dhetik, melalui keterangan resmi, Jumat (7/7).

Dia mengatakan, pembangunan Jalan Feeder Distrik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan ini terbagi menjadi 6 bagian. Proyek akan meliputi Jalan Grande, Jalan Akses Grande, Jalan Plaza Seremoni, Jalan Plaza Sipil, Jalan Distrik Bhineka dan Jalan Distrik Rumah Tapak. 

"Ada beberapa jalan yang sebagian sudah dikerjakan karena sebelumnya digunakan akses untuk keperluan logistik proyek," ujarnya.

Waskita juga menemukan tantangan dalam mengerjakan pembangunan di IKN. Pasalnya banyak area kerja pasti akan bersinggungan dengan proyek lain.  Oleh sebab itu,  koordinasi dengan kontraktor lain sangat dibutuhkan agar mengurangi hambatan yang ada.

“Koordinasi sangat perlu dilakukan setiap saat, agar pekerjaan kita tidak terganggu dan juga tidak mengganggu pekerjaan proyek yang lain," kata SVP Corporate Secretary Perseroan, Ermy Puspa Yunita.

Sebagai informasi, saat ini Waskita tengah mengerjakan beberapa proyek IKN. Beberapa di antaranya adalah:

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...