Badan Pangan Jual Daging Ayam Murah di 115 Titik Jabodetabek

Tia Dwitiani Komalasari
18 Juli 2023, 11:33
Pedagang membersihkan daging ayam di Pasar Induk Rau Kota Serang, Banten, Jumat (19/5/2023). Menurut pedagang, harga daging ayam broiler naik sejak tiga hari lalu dari Rp33 ribu menjadi Rp38 ribu per kilogram akibat naiknya permintaan sementara pasokan ti
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/rwa.
Pedagang membersihkan daging ayam di Pasar Induk Rau Kota Serang, Banten, Jumat (19/5/2023). Menurut pedagang, harga daging ayam broiler naik sejak tiga hari lalu dari Rp33 ribu menjadi Rp38 ribu per kilogram akibat naiknya permintaan sementara pasokan tidak bertambah.

Badan Pangan Nasional bersama pemerintah daerah dan pelaku usaha bidang perunggasan menggelar Gerakan Pangan Murah atau GPM Daging Ayam Ras di 115 titik di Jabodetabek. Gerakan tersebut dimulai hari ini, Selasa (18/7) hingga akhir Juli 2023 sebagai upaya menjaga inflasi.

"Ini untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta untuk menjaga inflasi Juli sesuai target Bapak Presiden Jokowi," kata Kepala NFA Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Selasa (18/7).

Arif mengatakan, harga daging ayam ras di Jabodetabek cenderung meningkat. Pedagang di sejumlah lokasi bahkan menjual lebih dari Rp 40.000 per kg. Nilai tersebut berada di atas harga acuan pemerintah ditingkat konsumen senilai Rp36.750/kg, yaitu sekitar Rp40.000/kg.

Harga dan Lokasi GPM

Sementara harga daging ayam yang dijual dalam GPM senilai Rp 35.000 per ekor dengan berat 0,9-1 kg. GPM Daging Ayam Ras dilaksanakan di pasar tradisional, kantor kelurahan, dan kecamatan, rusun, kios PT CPI dan Japfa, serta lokasi lainnya yang mudah diakses masyarakat.

Arief mengatakan, pasokan daging ayam untuk GPM tersebutmencapai lebih dari 100 ton daging ayam ras setiap hari.

Lebih lanjut, Arief menyampaikan bahwa upaya stabilisasi pasokan dan harga daging ayam ras dilaksanakan untuk memberi manfaat bagi banyak pihak baik produsen, pedagang, hingga masyarakat.

"Sehingga, tidak hanya dilakukan di pasar tradisional dan ruang publik di Jabodetabek saja, namun juga di outlet-outlet penjualan daging ayam ras milik perusahaan yang tersebar secara nasional dan terus dikawal oleh teman-teman kita dari Satgas Pangan Polri," ucapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...