Tol Lubuk Linggau-Taba Penanjung Segera Dibangun, Anggaran Rp 32 T

Tia Dwitiani Komalasari
20 Juli 2023, 14:14
Foto udara suasana pengerjaan tol Provinsi Bengkulu - Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan di pintu tol Betungan kota Bengkulu, Rabu (20/5/2020). PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) memastikan pengerjaan proyek jalan tol Bengkulu-Sumsel seksi satu yakni
ANTARA FOTO/ Doc-HKI Bengkulu/dvd/foc.
Foto udara suasana pengerjaan tol Provinsi Bengkulu - Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan di pintu tol Betungan kota Bengkulu, Rabu (20/5/2020). PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) memastikan pengerjaan proyek jalan tol Bengkulu-Sumsel seksi satu yakni Kota Bengkulu - Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer tetap berlanjut meski di tengah pandemi COVID-19 dengan target penyelesaian 2021 mendatang.

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung di Kota Bengkulu, Kamis (20/7/2023). Tol tersebut dibangun sepanjang 16,7 km dengan anggaran sebesar Rp4,8 triliun

Tol Bengkulu-Taba Penanjung merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Bengkulu ke Lubuk Linggau sepanjang 95,8 km. Sumber biaya pembangunan berasal dari Penyertaan Modal Pemerintah atau PMN melalui Skema Penugasan

"Alhamdulillah pada pagi hari ini Jalan Tol Ruas Bengkulu-Taba Penanjung akan beroperasi dan ini akan menunjang mobilitas logistik, mobilitas orang, dan akan memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (20/7).

Presiden Jokowi berharap tol ini mempercepat pertumbuhan ekonomi. Selain itu, daya saing Bengkulu juga diharapkan meningkat.

"Kita harapkan ini bisa mensejahterakan masyarakat kita, karena daya saing Bengkulu pasti akan meningkat lebih baik," ujarnya.

Tol Lubuk Linggau-Taba Penanjung Segera Dibangun

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan Tol Bengkulu-Taba Penanjung merupakan seksi 3 dari ruas Jalan Tol Bengkulu ke Lubuk Linggau. Sementara Seksi 1 Lubuk Linggau – Kepahiang sepanjang 54,5 km dan Seksi 2 Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 24,6 km, saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...