PUPR Bangun Kawasan Masjid Negara di IKN Senilai Hampir Rp 1 Triliun

Nadya Zahira
21 Juli 2023, 06:00
Sejumlah alat berat beroperasi pada pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). Progres pembangunan IKN menurut Kementerian PUPR sudah mencapai 2
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Sejumlah alat berat beroperasi pada pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). Progres pembangunan IKN menurut Kementerian PUPR sudah mencapai 29,87 persen hingga 4 Juni 2023 dan pembangunan ini menggunakan anggaran dari total pagu tahun 2023 sebesar Rp 26,67 triliun.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR saat ini tengah melelang proyek pembangunan bangunan gedung dan kawasan masjid negara di Ibu Kota Nusantara atau IKN.  Nilai pagu paket proyek tersebut sebesar Rp 973 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN. 

Pembangunan tersebut telah diumumkan pada 12 Juli 2023 pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE Kementerian PUPR. Adapun untuk persyaratan kualifikasi dikirim pada 17 Juli 2023. 

Penetapan dan pengumuman pemegang lelang akan dilakukan pada 12 September 2023 dan dilanjutkan dengan masa sanggah pada 13 September. Sementara penandatanganan kontrak dilakukan pada 20 September 2023.

 Berdasarkan LPSE,  lokasi kawasan masjid negara berada di zona pemerintahan SUB BWP 1A, Kabupaten Penajem Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

“Kawasan masjid IKN direncanakan akan menjadi salah satu landmark yang terletak di kawasan permukiman selatan pada kawasan inti pusat pemerintahan,” demikian uraian singkat pekerjaan dikutip dari LPSE Kementerian PUPR, Kamis (20/7).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...