Harga CPO Potensi Naik Setelah Rusia Mundur dari Perjanjian Laut Hitam

Tia Dwitiani Komalasari
22 Juli 2023, 14:33
Truk bermuatan kelapa sawit menuju pabrik Permata Bunda di Pematang Panggang, Mesuji, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Senin (17/7/2023). US Department of Agriculture (USDA) memprediksi produksi minyak sawit Indonesia pada 2023-2024 mencapai 46 juta
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nym.
Truk bermuatan kelapa sawit menuju pabrik Permata Bunda di Pematang Panggang, Mesuji, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Senin (17/7/2023). US Department of Agriculture (USDA) memprediksi produksi minyak sawit Indonesia pada 2023-2024 mencapai 46 juta metrik ton atau naik 3 persen dari periode 2022-2023 yakni sebesar 44,7 juta metrik ton jika tidak ada perubahan cuaca yang ekstrem.

Harga CPO atau minyak sawit mentah berpotensi naik setelah Rusia mundur dari Black Sea Grain Initiative. Berkurangnya pasokan biji-bijian dunia, menyebabkan permintaan CPO sebagai alternatif minyak konsumsi nabati menjadi naik.

Sebagai informasi, Black Sea Grain Initiative merupakan perjanjian yang menjamin Ukraina untuk memasok ekspor biji-bijian dengan aman selama perang dengan Rusia. Namun demikian, perjanjian tersebut berakhir dan Rusia enggan memperpanjang kesepakatan tersebut. Rusia dan Ukraina merupakan produsen utama biji-bijian dunia, termasuk gandum, biji bunga matahari, dan jagung.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia, Eddy Martono, mengatakan pasokan biji-bijian yang berkurang akan menyebabkan suplai minyak nabati merosot. Kondisi tersebut bisa menyebabkan harga minyak nabati naik, termasuk harga CPO.

"Ini seharusnya juga akan meningkatkan permintaan minyak sawit Indonesia naik," ujarnya saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (21/7).

Kondisi ini menjadi kesempatan bagi eksportir CPO Indonesia untuk meraih keuntungan di tengah penurunan harga CPO. Harga CPO terus merosot 12,62% year to date hingga menyentuh US$ 900 per Metrik Ton pada 23 Juni 2023. Demikian pula dibandingkan periode yang sama, secara tahunan harga CPO telah turun 37,93% (year on year/yoy).

Berikut grafik harga CPO dunia selama tiga bulan terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...