Inisiatif Energi Hijau SIG di Semen Tonasa dapat Apresisasi Global

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
31 Juli 2023, 18:24
PT Semen Tonasa terpilih sebagai satu dari dua perusahaan di dunia yang memenangkan Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial (CEM).
PT Semen Tonasa
PT Semen Tonasa terpilih sebagai satu dari dua perusahaan di dunia yang memenangkan Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial (CEM).

Berhasil turunkan konsumsi dan capai efisiensi biaya energi dengan implementasi ISO 50001 yang diterapkan sejak 2019, PT Semen Tonasa terpilih sebagai satu dari dua perusahaan di dunia yang memenangkan Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial (CEM).

Penghargaan kepada anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) tersebut diberikan pada ajang CEM Energy Management Leadership Awards 2023. Penghargaan ini diserahkan Menteri ESDM Arifin Tasrif kepada Direktur Utama PT Semen Tonasa Asruddin, pada 21 Juli 2023.

PT Semen Tonasa secara konsisten menerapkan sistem manajemen energi berbasis ISO 50001 yang selaras dengan sustainability road map SIG. Hal ini bertujuan untuk memastikan operasional perusahaan yang berkelanjutan dan mempertimbangkan isu lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Dalam kurun waktu empat tahun sejak penerapan sistem manajemen energi berbasis ISO 50001 pada 2019, PT Semen Tonasa berhasil mencatatkan penghematan biaya energi dengan total sebesar USD16,1 juta, setara penghematan energi 4,3 juta Gigajoule (GJ) serta pengurangan emisi CO2 sebesar 436 ribu metrik ton.  

Salah satu inisiatif yang dilakukan oleh PT Semen Tonasa dalam manajemen energi, yaitu dengan memanfaatkan biomassa yang bersumber dari limbah pertanian sebagai bahan bakar alternatif.

Tingkat substitusi termal (TSR) biomassa dalam kegiatan produksi PT Semen Tonasa tercatat meningkat secara signifikan dari 1,17 persen menjadi 8,13 persen selama 2019 – 2022. Total jumlah limbah pertanian yang dimanfaatkan sebesar 157 ribu ton. Peningkatan penggunaan biomassa ini telah melalui proses penyesuaian pada raw mix design dan critical operating parameters (COP) untuk tetap mempertahankan kualitas produk.

CEM merupakan forum internasional tingkat tinggi yang menyatukan negara-negara terbesar dan terkemuka di dunia, organisasi internasional, dan perusahaan, untuk mencapai misi mempercepat transisi energi bersih melalui penerapan ISO 50001.

Pada 2023, CEM’s Energy Management Leadership Awards memberikan penghargaan Award of Excellence in Energy Management kepada dua perusahaan dan penghargaan Energy Management Insight Awards kepada lima belas organisasi lainnya. Mereka dinilai telah menerapkan sistem manajemen energi serta meningkatkan kesadaran global akan manfaat ekonomi dan keberlanjutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...