Uji Coba Bayar Tol Nirsentuh Tertunda, PUPR Minta Penjelasan Pengelola

Nadya Zahira
9 Agustus 2023, 19:28
jalan tol, non tunai, transaksi non tunai
ANTARA FOTO/Khalis Surry/aww.
Kendaraan melintas di Gerbang Tol Baitussalam jalan tol Trans Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh), Aceh Besar, Aceh, Sabtu (15/4/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta penjelasan dari PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), terkait tertundanya ujicoba transaksi nontunai nirsentuh di jalan tol atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, sedianya uji coba sistem transaksi nontunai nirsentuh tersebut berlangsung pada 1 Juni 2023 di Jalan Tol Bali Mandara. "Mereka juga kami minta untuk menyiapkan rencana kerja," ujar Endra saat ditemui di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (9/8).

Endra menilai, tertundanya uji coba pada sistem MLFF ini karena pihak penyedia sebelumnya menghadapi permasalahan di dalam internal perusahaannya. Namun, saat ini RITS sudah menyelesaikan konflik tersebut dan menggandeng mitra lokal.

"Mudah-mudahan ini sudah bisa lebih baik dari tim yang sebelumnya, dan kami juga ingin bahwa kerja sama ini masih terus berjalan," ujar Endra.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa pihak RITS pun sudah berkirim surat ke Kementerian PUPR untuk segera memulai persiapan-persiapannya menuju penerapan MLFF. Dengan begitu,akan melihat seperti apa rencana kerjanya.

Disisi lain, Endra menilai bahwa progres persiapan penerapan MLFF di jalan tol Indonesia sudah berjalan baik. Penyedia sistem asal Hongaria, yakni RITS juga sudah siap untuk menyampaikan rencana kerjanya.

Dengan demikian, konsolidasinya sudah hampir selesai walaupun penerapan MLFF mengalami keterlambatan. "Ya pasti ada delay (keterlambatan). Ya kita tunggulah rencana kerjanya seperti apa," tutur Endra.

Dia tak menampik adanya keterlambatan uji coba pada sistem MLFF. Pasalnya, penerapan sistem tersebut juga tidak mudah karena baru diadopsi di jalan tol Indonesia dengan menggunakan teknologi yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...