Aptindo Sebut Konsumsi Gandum Akan Naik Jelang Pemilu 2024

Andi M. Arief
22 Agustus 2023, 21:29
Aptindo Sebut Konsumsi Gandum Akan Naik Jelang Pemilu 2024
Pixabay
Ilustrasi gandum. Konsumsi gandum di dalam negeri diperkirakan bakal naik pada semester kedua tahun ini menjelang Pemilu 2024.

Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia atau Aptindo memproyeksi konsumsi gandum di dalam negeri akan naik pada semester kedua tahun ini. Pendorong utama hal tersebut adalah Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Aptindo Ratna Sari Loppies mengatakan peningkatan tersebut disebabkan oleh peningkatan konsumsi kue atau jajanan pasar selama tahun politik. Walau demikian, Ratna menilai produk turunan gandum yang akan mendorong konsumsi gandum paling besar adalah mi instan.

"Mi instan akan dibagikan sebagai bagian dari sembako sebagai bahan kampanye di daerah pemilihan. Saya rasa begitu," kata Ratna kepada Katadata.co.id, Selasa (22/8).

Berdasarkan data Aptindo, konsumsi gandum di dalam negeri mencapai 4,22 juta ton pada paruh pertama 2024. Angka tersebut lebih rendah 1,34% dari realisasi Januari-Juni 2022 sekitar 4,28 juta ton.

Akan tetapi, konsumsi gandum pada Januari-Maret 2023 tercatat tumbuh 2,48% secara tahunan menjadi 2,31 juta ton. Ratna menyatakan pertumbuhan tersebut disebabkan adanya Bulan Ramadan 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...