PM Kanada Ingin Genjot Perdagangan dengan ASEAN, RI Akan Ambil Peluang

Andi M. Arief
6 September 2023, 18:35
kanada, trudeau, asean, perdagangan
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Raisan Al Farisi/aww.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (kedua kiri) bersama anaknya Xavier Trudeau (kedua kanan) didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar (kanan) dan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves Rachmat Kaimuddin (kiri) berjalan menuju kendaraan saat tiba di Terminal VVIP Bandara Soekarno Hatta, Banten, Selasa (5/9/2023).

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berniat untuk terus meningkatkan perdagangan dengan ASEAN untuk jangka panjang. Trudeau mengatakan saat ini, nilai perdagangan ASEAN dan Kanada naik sebesar 29%.

Trudeau mengatakan Kanada merupakan mitra dagang ASEAN terbesar keempat. Oleh karena itu, ia berencana untuk meningkatkan kehadiran pemerintahannya dalam usaha pendekatan perdagangan dengan ASEAN.

"Kita telah bekerja sama dalam beberapa sektor, seperti keamanan udara, teknologi, dan pendidikan," kata Trudeau di Asia Indo Pacific Forum 2023, Rabu (6/9).

Trudeau mengatakan Kanada dan ASEAN telah memiliki 15 perjanjian perdagangan bebas dengan ASEAN. Seluruh perjanjian tersebut berkontribusi terhadap 61% perekonomian dunia.

Kanada saat ini sedang melakukan negosiasi dengan ASEAN dan beberapa anggotanya, termasuk Indonesia. Trudeau mengatakan saat ini Kanada memiliki keunggulan seperti kebijakan imigrasi untuk menarik sumber daya manusia terampil serta sumber daya alam yang baik.

Sedangkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan Indonesia menargetkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif atau CEPA antara RI dan Kanada ditargetkan rampung pada 2025.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...