Produsen Motor Listrik Indonesia Ekspansi Pabrik ke Malaysia

Tia Dwitiani Komalasari
12 September 2023, 11:29
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menaiki motor listrik produksi United Motors setelah Penandatanganan Kontrak Kerja Sama antara PT Terang Dunia Internusa dengan Atroniq Berhad di Jakarta, Senin (11/9).
Dokumentasi Hippindo
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menaiki motor listrik produksi United Motors setelah Penandatanganan Kontrak Kerja Sama antara PT Terang Dunia Internusa dengan Atroniq Berhad di Jakarta, Senin (11/9).

Produsen Motor Listrik Indonesia, PT Terang Dunia Internusa, menandatangani kontrak kerja sama dengan Atroniq Berhard. Pemilik merek United Motors tersebut akan membuka toko ritel, pabrik perakitan, distribusi dan pelayanan produk di negeri jiran tersebut.

Penandatanganan disaksikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Senin (11/9).

"Ini merupakan realisasi dari program Bangga Buatan Indonesia dan Indonesia Brands Go Global sekaligus menindaklanjuti MoU dan Perjanjian Kerja Sama antara HIPPINDO dengan Kementerian Perdagangan," kata Jerry dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Katadata, Selasa (12/9).

Jerry mengatakan, tingkat belanja konsumen di Malaysia diproyeksikan terus meningkat dengan tren mencapai 8,21%. Hal ini berbanding lurus dengan proyeksi tren penjualan ritel sebesar 5,32. 

Di Malaysia, industri jasa ritel menjadi salah satu sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB Malaysia yang didominasi produk makanan dan minuman. Beberapa perusahaan ritel top di Malaysia antara lain B.I.G. Store, 7-Eleven, MJ Dept Store, Tesco, dan AEON.

PT Terang Dunia Internusa berdiri sejak 1975 sebagai importir spare parts sepeda dari Taiwan. 

Seiring perkembangan usaha, di tahun 1991 berdirilah pabrik pertama United Bike di Gunung Putri, Bogor dilanjutkan dengan pabrik kedua di Citeureup, Bogor di tahun 2010. 

PT Terang Dunia Internusa meluncurkan United E-Motor, produk motor listrik pertamanya di akhir tahun 2020. Hal itu menyikapi tren motor listrik yang semakin berkembang pesat ditambah dengan pengalaman produksi sepeda puluhan tahun, 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...