3 Alasan Warga Bandung Sebaiknya ke Bandara Kertajati Daripada Soetta

Andi M. Arief
16 September 2023, 06:15
Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Kertajati tiba di bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (9/7/2023). Sebanyak 363 jamaah haji kloter pertama asal Majalengka kembali ke tanah air setelah menunaikan ra
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/Spt.
Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Kertajati tiba di bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (9/7/2023). Sebanyak 363 jamaah haji kloter pertama asal Majalengka kembali ke tanah air setelah menunaikan rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Penerbangan pesawat jet berjadwal di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, akan dipindahkan ke Bandara Kertajati, Majalengka. Pemindahan penerbangan tersebut berlaku mulai 29 Oktober 2023.

"Jadi penerbangan berjadwal ke Bandung berakhir pada 28 Oktober," kata  Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, Putu Eka Cahyadi, di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (15/9).

Pemindahan tersebut menyebabkan sebagian warga Bandung berniat untuk melakukan penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta atau Halim Perdana Kusuma dibandingkan harus ke Kertajati.

Namun, Direktur Angkutan Udara Kemenhub Putu Eka Cahyadi mengatakan setidaknya terdapat tiga alasan kenapa warga Bandung sebaiknya melakukan penerbangan dari Bandara Kertajati:

1. Waktu dan Jarak Tempuh Lebih Dekat

Kasubdit Angkutan Multimoda dan Antarmoda Kemenhub Iman Sukandar mengatakan, waktu dan jarak tempuh dari Bandung ke Bandara Kertajati lebih singkat dibandingkan ke Bandara Halim atau Bandara Soekarno Hatta.

Dia mensimulasikan perjalanan dari Kota Bandung ke tiga bandara, yakni Kertajati, Husein, dan Soekarno-Hatta. Iman menemukan perjalanan ke Kertajati menggunakan angkutan umum lebih kompetitif dibandingkan kedua bandara lainnya.

Secara rinci, jarak tempuh antara Kota Bandung ke Kertajati hanya 113 kilometer (Km). Iman mengatakan hal tersebut disebabkan pengoperasian Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan yang memangkas jarak dan waktu tempuh antara Bandung dan Kertajati.

Pada saat yang sama, jarak tempuh Kota Kembang ke Soekarno Hatta mencapai 175 Km, sementara itu jarak ke Halim 140 Km.

Dari sisi waktu tempuh, lama perjalanan ke Soekarno-Hatta mencapai 162 menit, ke Halim selama 116 menit, sedangkan ke Kertajati hanya 87 menit.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...