Warga Rempang Minta Tak Direlokasi Keluar Pulau, Ini Solusi Bahlil

Ameidyo Daud Nasution
18 September 2023, 17:33
rempang, bahlil, batam
Antara
Menteri Investasi Bahlil Lahaladia usai rapat koordinasi dengan sejumlah menteri dan pejabat di Batam, Minggu (17/9).

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mendapatkan permintaan dari masyarakat di Pulau Rempang agar lokasi pemindahan hunian mereka masih berada di pulau tersebut. Bahlil mengatakan ia akan membahas hal tersebut dengan kementerian lain.

"Kami minta masukan dari perwakilan bapak dan ibu, kita buka peta Rempang bersama-sama," kata Bahlil saat mengunjungi warga Rempang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (18/9) dikutip dari Antara.

Bahlil juga memastikan pemerintah tak akan membongkat makam leluhur masyarakat Melayu di Rempang meski akan ada investasi. Ia berjanji makam yang ada akan dipercantik.

"Nanti ini akan dipagar, dibuat gapura, agar dapat nyaman berziarah," katanya.

Jelang relokasi warga Pulau Rempang
Jelang relokasi warga Pulau Rempang (ANTARA FOTO/Teguh Prih)

Ia juga telah mengajukan pembuatan museum di Pulau Rempang untuk menunjukkan identitas masyarakat Melayu di pulau tersebut.

"Masih proses, belum disetujui oleh pusat," katanya.

Bahlil pada Minggu (17/9) telah bertemu dengan perwakilan warga dari Pulau Rempang. Dalam pertemuan tersebut, mereka meminta lokasi pemindahan tak berada di Pulau Galang, namun tetap di Rempang.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan Dapur 3 Sijantung, Pulau Galang, sebagai lokasi pemindahan warga Pulau Rempang. Di lokasi tersebut, sudah disiapkan lahan 450 hektare untuk masyarakat.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...