Jokowi Mulai Groundbreaking Fasilitas IKN: Hotel hingga Rumah Sakit

Ameidyo Daud Nasution
22 September 2023, 18:48
jokowi, ikn, ibu kota
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo (keenam kiri) didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPB Bahlil Lahadalia (kedua kanan) dan para pimpinan konsorsium pengusaha Indonesia bersiap menyampaikan keterangan pers seusai peletakan batu pertama Hotel Nusantara di Kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).

Presiden Joko Widodo telah memulai pembangunan sejumlah infrastruktur penunjang Ibu Kota Nusantara (IKN). Beberapa infrastruktur tersebut terdiri dari hotel hingga rumah sakit pertama di IKN.

Berbeda dari kunjungan sebelumnya, kali ini Jokowi meresmikan pembangunan fasilitas yang tak hanya dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dalam salah satu groundbreaking hotel, Jokowi bahkan sempat berpidato di depan sejumlah konglomerat. 

Beberapa konglomerat tersebut antara lain Agung Sedayu Group milik pengusaha Sugianto Kusuma alias Aguan, Presiden Direktur Adaro Energy Boy Thohir, hingga bos Barito Pacific Prajogo Pangestu.

Jokowi juga menjanjikan pengusaha mendapatkan untung dari investasi di IKN. Oleh sebab itu, ia mengajak mereka untuk melihat langsung pembangunan IKN hari ini.

"Tidak mungkin beliau mulai dengan Rp 20 triliun kalau tidak ada cuan (untung)-nya," kata Jokowi saat grouundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (21/9) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Ini beberapa pembangunan fasilitas IKN yang dihadiri Jokowi dalam kunjungan kerjanya kali ini: 

Hotel

Jokowi menyaksikan groundbreaking Hotel Nusantara di IKN pada Kamis (21/9). Hotel berbintang lima itu dikembangkan oleh konsorsium yang dipimpin Agung Sedayu Group milik pengusaha Sugianto Kusuma alias Aguan.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat mengucapkan terima kasih ke Aguan dan para pengusaha lain yang mau menanamkan modal di IKN. Menurutnya, investasi tersebut jadi tanda ibu kota baru diminati investor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...