Bahlil Klaim 70% Warga Pasir Panjang Rempang Bersedia Digusur

Lavinda
Oleh Lavinda
8 Oktober 2023, 19:10
Rempang
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/YU
Sejumlah warga gelar aksi menolak direlokasi di Kampung Pasir Panjang, Pulau Rempang, Batam, kamis (5/10/2023).

Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengklaim Sekitar 70% warga Pasir Panjang, Rempang, Batam, Kepulauan Riau siap dipindahkan ke Tanjung Banun.

Hal tersebut diungkapkan Bahlil setelah menerima perwakilan warga Rempang di salah satu Masjid yang terletak di Tanjung Banun, Kota Batam pada Jumat (6/10) lalu.

“Saya menerima aspirasi dari Pasir Panjang. Dari saudara kita di Pasir Panjang sudah 70% mereka setuju untuk dilakukan pergeseran,” ujar Bahlil dalam keterangan tertulis, Minggu (8/10).

Pasir Panjang merupakan salah satu dari lima kampung yang diprioritaskan untuk berpindah, terkait dengan pembangunan Rempang Eco-City.

Tercatat sebanyak 150 Kepala Keluarga (KK) menempati kampung tersebut. Dari jumlah tersebut, 70% KK sudah bersedia pindah, tapi sebagian masih diminta untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Dalam kunjungannya ke Tanjung Banun, Bahlil juga menerima aspirasi dari masyarakat Rempang.

Sekurangnya ada dua hal yang disampaikan oleh masyarakat pada pertemuan tersebut. Pertama, permintaan berpindah dilakukan di Dapur 3. Kedua, tentang kepastian penggantian rumah yang nilainya lebih mahal dibanding yang disediakan oleh pemerintah.

Terkait permintaan pertama, Bahlil menyebut akan mempertimbangkan aspirasi tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa sebelumnya lokasi perpindahan memang direncanakan di Dapur 3. Namun, karena juga ada aspirasi masyarakat yang lokasinya ingin di dekat pantai, pemerintah membuat kebijakan mengubah lokasi perpindahan ke Tanjung Banun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...