Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rp 300 Ribu, Bagaimana Negara Lain?

Agustiyanti
17 Oktober 2023, 13:39
Kereta Cepat Jakarta-Bandung parkir usai peresmiannya di Stasiun Padalarang, Jawa Barat, Senin (2/10/2023). Presiden Joko Widodo meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung yang dinamakan Whoosh untuk dioperasionalkan secara umum.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung parkir usai peresmiannya di Stasiun Padalarang, Jawa Barat, Senin (2/10/2023). Presiden Joko Widodo meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung yang dinamakan Whoosh untuk dioperasionalkan secara umum.

Harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung dibanderol Rp 300 ribu untuk jarak terjauh Halim-Tegalluar kelas ekonomi premium selama periode promo 18-23 Oktober 2023. Pemerintah belum menetapkan tarif resmi moda transportasi ini.

Kereta cepat Jakarta-Bandung menempuh perjalanan sepanjang 142,3 km dengan waktu tempuh selama 46 menit. Kereta ini nantinya akan memiliki tiga jenis layanan, yakni ekonomi premium, bisnis, dan VIP. Namun, ketentuan terkait harga tiket masing-masing kelas layanan tersebut belum diputuskan. 

Lantas, bagaimana sebenarnya tarif kereta cepat yang berlaku di negara lain?

  • Cina

Kereta cepat di Cina beroperasi dengan kecepatan hingga 350km/jam. Lebih dari 2.800 rangkaian kereta berkecapatan tinggi beroperasi setiap hari menghubungkan lebih dari 550 kota di Tiongkok dan mencakup 33 dari 34 provinsi di negara tersebut. Kereta berkecepatan tinggi Beijing-Shanghai menghubungkan dua kota besar yang berjarak 1.318 km (819 mil) hanya dalam 4,5 jam.

Pada akhir tahun 2022, Tiongkok memiliki jaringan kereta berkecepatan tinggi (HSR) terbesar di dunia dengan total panjang lebih dari 42.000 km (26.100 mil). Jalur HSR terpanjang di dunia, Kereta Kecepatan Tinggi Beijing - Hong Kong, membentang sepanjang 2.440 km (1.516 mil). 

Tarif kereta cepat untuk tujuan Beijing-Shanghai untuk kelas 2 atau yang termurah mencapai 550 yuan Cina atau setara Rp 1,18 juta. Tarif ini masih jauh lebih murah dibandingkan pesawat ekonomi dengan tujuan sama yang mencapai 1.000 yuan Cina atau Rp 2,36 juta. 

  • Jepang

Kereta cepat di Jepang terkenal dengan sebutan Shinkansen memiliki sembilan  jalur rel. Sembilan jalur Shinkansen dapat membawa penumpang ke berbagai arah di seluruh Jepang. Dari Tokyo ke selatan terdapat jalur Tokaido Shinkansen yang menghubungkan ibu kota dengan Osaka. Jalur Sanyo Shinkansen menghubungkan Osaka dengan Fukuoka dan, dari sana, jalur Kyushu Shinkansen melintasi pulau Kyushu dari utara ke selatan.

Enam jalur lainnya membawa Anda ke utara atau pedalaman dari Tokyo. Ini adalah jalur Akita, Hokkaido, Hokuriku, Joetsu, Tokoku, dan Yamagata Shinkansen. Jalur Hokkaido membawa Anda paling jauh ke utara, sampai ke pulau Hokkaido.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...