Kebijakan Bioavtur Berpotensi Ganggu Pabrik Sabun dan Deterjen

Andi M. Arief
17 Oktober 2023, 14:57
bioavtur, sawit, avtur
Garuda Indonesia
Maskapai nasional Garuda Indonesia menjajaki penggunaan energi terbarukan bioavtur J2.4, yang merupakan bagian dari pengembangan konsep Sustainable Aviation Fuel (SAF). Bersama dengan Pertamina, ITB, Kementerian ESDM RI, dan pemangku kepentingan terkait lainnya, Garuda Indonesia telah menyelesaikan tahap awal uji coba bahan bakar terbarukan tersebut, yang dilakukan melalui uji statis dengan melihat respon mesin pesawat terhadap penggunaan material bioavtur (1/8/2023).

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit atau Gapki memperkirakan, produksi minyak inti sawit atau PKO saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebijakan pemerintah terkait campuran bioavtur. Perlu ada peningkatan produksi agar implementasi kebijakan bioavtur tak justru mengganggu kebutuhan industri oliokemikal di dalam negeri.

Pemerintah sebenarnya menargetkan campuran PKO dalam avtur sebesar 3% pada 2020 dan meningkat menjadi 5% pada 2025. Namun, pemerintah sejauh ini baru berhasil menguji bioavtur dengan campuran PKO sebesar 2,4% dalam bahan bakar J2,4. 

Ketua Umum Gapki Eddy Martono mengatakan, produksi PKO di dalam negeri hampir seluruhnya telah diserap pasar global dan lokal. Menurutnya, produsen PKO dapat mengubah penjualannya dari pasar ekspor ke program bioavtur.

Edi menghitung implementasi program bioavtur justru dapat mengancam serapan PKO oleh industri pengolah PKO domestik. Industri pengolah yang dimaksud adalah oleokimia yang memproduksi sabun, deterjen, dan produk sejenis.

"Sesuai keinginan pemerintah terkait hilirisasi, jangan sampai industri dalam negeri tidak mendapatkan bahan baku. Satu-satunya jalan hanya meningkatkan produksi," kata Eddy kepada Katadata.co.id, Selasa (17/10).

Eddy mendata produksi PKO mentah pada 2022 mencapai 4,5 juta ton. Seluruh produksi tersebut diserap oleh industri oleokimia sejumlah 3,1 juta ton, ekspor berbentuk PKO olahan sebesar 1,3 juta ton, dan ekspor PKO sebanyak 100.000 ton.

Mengutip Databoks, konsumsi avtur tertinggi pada 2011-2021 terjadi pada 2018 yang mencapai 5,7 juta kiloliter, sedangkan terendah pada 2021 atau hanya 2 juta kiloliter. Dengan demikian, implementasi J5 secara keseluruhan pada 2025 membutuhkan PKO sejumlah 100.000 sampai 285.000 ton.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...