Pemerintah Mulai Bangun Proyek LRT Jakarta Fase II Velodrome-Manggarai

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Oktober 2023, 11:08
Groundbreaking proyek LRT Jakarta Fase II di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Senin (30/10). Foto: Muhamad Fajar Riyandanu
Katadata
Groundbreaking proyek LRT Jakarta Fase II di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Senin (30/10). Foto: Muhamad Fajar Riyandanu

Pemerintah melanjutkan pembangunan kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta fase II untuk rute stasiun Velodrome-Manggarai. Pekerjaan proyek itu ditandai dengan seremoni Groundbreaking LRT Jakarta Fase 1B yang dilaksanakan di Stasiun LRT Velodrome pada Senin (30/10).

Sejumlah pejabat terpantau hadir pada agenda tersebut, antara lain Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Kedatangan Menhub sekaligus mewakili kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang semula dijadwalkan datang untuk meresmikan seremoni Groundbreaking LRT Jakarta Fase 1B.

Budi Karya menjelaskan, proyek LRT rute stasiun Velodrome-Manggarai bakal memiliki panjang 6,4 kilometer (km) yang melewati 5 stasiun, yakni stasiun Pemuda Rawamangun, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman dan Manggarai.

Proyek ini bakal memperluas jangkauan angkut moda LRT menjadi 12,2 km yang melewati 11 stasiun, melanjutkan proyek pertama dengan rute Stasiun Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km. Adapun proyek transportasi ini dikerjakan oleh BUMN konstruksi, PT Adhi Karya.

"Kepada kontraktor, kerjakan proyek dengan baik. Saya himbau masyarakat agar dapat pindah ke transportasi massal untuk mengurangi kerugiatan finansial karena kemacetan," kata Budi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...