Regulasi Anti Deforestasi UE Dinilai akan Menguntungkan Industri CPO

Andi M. Arief
3 November 2023, 08:42
cpo, minyak sawit mentah, anti deforestasi, uni eropa
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.
Pekerja mengangkut kelapa sawit hasil panen di Desa Pucok Lueng, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (4/2/2023).

Dibiz Pte Ltd menyatakan aturan anti deforestasi Uni Eropa (UE) atau EUDR dapat menjadi peluang bagi industri minyak sawit mentah atau CPO. Peluang tersebut dinilai juga dapat dimanfaatkan oleh petani sawit kecil.

Untuk diketahui, Dibiz merupakan perusahaan teknologi yang memiliki fasilitas lokapasar CPO berkelanjutan. Layanan tersebut diluncurkan pada Agustus 2021 dan ditujukan khusus untuk jual-beli antar perusahaan.

CEO Dibiz Unnikrishnan Ramachandran Unnithan mengatakan implementasi EUDR dapat membuat semua level dalam rantai pasok CPO bekerja lebih cepat menuju keberlanjutan. Unnikrishnan menilai pematuhan EUDR akan menguntungkan bagi petani di Indonesia dan Malaysia dalam jangka panjang.

"Apapun yang dilakukan UE, negara lain cenderung mengikuti. Jadi, itu pengingat untuk industri CPO bahwa jangan dalam impresi negara lain tidak menginginkan pengawasan yang sama," kata Unnikrishnan dalam Indonesian Palm Oil Conference 2023, Kamis (2/11).

Unnikrishnan menilai beberapa negara yang dapat mengikuti jejak UE adalah Amerika Serikat, Jepang, India, dan Cina. Walau demikian, Unnikrishnan mengakui implementasi EUDR akan menjadi tantangan bagi semua pihak.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...