Garuda Indonesia Minta Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Dinaikkan

Andi M. Arief
17 November 2023, 11:25
Garuda Indonesia, tarif tiket, tiket pesawat
Pertamina
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia Tbk kembali berharap agar tarif batas atas atau TBA tiket pesawat terbang dinaikkan. Kenaikan ini untuk memberi ruang finansial bagi maskapai.

"Hasil evaluasi TBA tentu kami serahkan ke Kementerian Perhubungan, tapi harapan kami tentu dinaikkan," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra kepada Katadata.co.id, Jumat (17/11).

Penyesuaian tarif bukan hanya karena kenaikan harga avtur saat ini tapi juga harga komponen pesawat dan minimnya armada yang beroperasi. Kementerian Perhubungan sampai sekarang masih mengevaluasi TBA tersebut. 

Berdasarkan data one solution yang dirilis Pertamina, harga avtur periode 15 sampai 30 November 2023 di Bandar Udara Soekarno Hatta untuk penerbangan domestik mencapai Rp 14.558,04 per liter.

Harga tersebut sebenarnya sudah turun dibandingkan periode dua pekan sebelumnya yang mencapai Rp 14.780,64 per liter. Namun, harga avtur  telah melonjak 23,86% dibandingkan posisi akhir semester pertama tahun ini di Rp 11.753,28 per liter.

Kemenhub mendata biaya avtur dan pelumas mendominasi hingga 40% dari total biaya operasional pesawat (BOP). Sedangkan biaya pemeliharaan dan overhaul mencapai 25%, sewa pesawat 20%, dan biaya lain-lain 15%.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...