Tol Bali Mandara Uji Coba Pembayaran Nirsentuh MLFF Mulai 12 Desember

Andi M. Arief
23 November 2023, 16:01
tol bali mandara, mlff, tol, pembayaran nirsentuh
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.
Petugas keamanan bersiaga di Gerbang Tol Ngurah Rai di Jalan Tol Bali Mandara, Bali, Rabu (21/9/2022). Seluruh pengerjaan penataan Jalan Tol Bali Mandara yang berbasis "green environment" seperti penanaman pohon, pembuatan taman serta pembangunan PLTS itu telah dinyatakan selesai sehingga siap digunakan untuk mendukung KTT G20.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menargetkan implementasi sistem transaksi nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow dimulai pada 12 Desember 2023. Uji coba akan dilakukan di Jalan Tol Bali Mandara.

Basuki mengatakan, uji coba tersebut adalah transisi dari uang elektronik berbasis kartu menjadi aplikasi. Oleh karena itu, Basuki memahami bahwa implementasi transisi tersebut akan memakan waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat.

"Saya optimistis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi," kata Basuki dalam keterangan resmi, Kamis (23/11).

Sistem MLFF akan menghubungkan beberapa sistem informasi, yakni teknologi MLFF atau Cantas, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), dan Electronic Registration and Identification (ERI). Sistem ini mendata dan mengolah transaksi jalan tol dengan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS). Setelah itu, kamera khusus yang dipasang di sepanjang jalan tol akan merekam nomor polisi kendaraan yang melalui jalan tol untuk diverifikasi dengan sistem ETLE dan ERI.

Basuki berharap agar sosialisasi terkait penerapan MLFF ke masyarakat cukup jelas. Oleh karena itu, ia meminta petugas lapangan memasang papan informasi untuk jalur khusus penerapan MLFF di Tol Bali Mandara.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian berharap implementasi MLFF berjalan dengan cepat. Menurutnya, pemerintah akan perlahan menghapus gardu tol yang menerima transaksi uang elektronik berbasis kartu.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono menyampaikan sistem MLFF baru masih diterapkan secara hibrid dengan sistem uang elektronik berbasis kartu. Maka dari itu, uji coba MLFF di Tol Bali Mandara baru diberlakukan di empat dari tujuh gardu Gerbang Tol Ngurah Rai.

Triono mengumumkan sistem transaksi MLFF baru akan diterapkan secara penuh di Tol Bali Mandara pada Maret 2024. Untuk diketahui, Tol Bali Mandara memiliki tiga gerbang tol dengan 22 gardu tol.

"Uji coba telah dimulai sejak Minggu ke-2 November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah," kata Triono.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...