Abu Dhabi Port Berminat Kelola Terminal Peti Kemas Pelabuhan Patimban

Tia Dwitiani Komalasari
25 November 2023, 20:10
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya, bertemu dengan CEO Abu Dhabi Port, Saif Al Mazrouei, di Uni Emirat Arab (UEA), Sabtu (25/11)
Kementerian Perhubungan
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya, bertemu dengan CEO Abu Dhabi Port, Saif Al Mazrouei, di Uni Emirat Arab (UEA), Sabtu (25/11)

Uni Emirat Arab berminat mengelola Terminal Peti Kemas Pelabuhan Patimban di Jawa Barat. Hal itu mengemuka saat Menteri Perhubungan RI, Budi Karya, bertemu dengan CEO Abu Dhabi Port, Saif Al Mazrouei, di Uni Emirat Arab (UEA), Sabtu (25/11)

Pertemuan tersebut membahas lebih lanjut tentang minat pengelola pelabuhan besar di Timur Tengah tersebut, mengelola Terminal Peti Kemas Pelabuhan Patimban bersama operator pelabuhan Indonesia.

“Kami bersama Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) selaku operator Pelabuhan Patimban, sedang mencari mitra strategis yang mempunyai kemampuan dan kapasitas dalam mengelola pelabuhan internasional dan mempunyai jaringan global,” ujar Budi dalam keterangan tertulis.

Budi mengatakan, PPI telah menerima proposal penawaran kerja sama dari Abu Dhabi Port. “Beberapa hal masih dinegosiasikan. Semoga dapat memberikan penawaran terbaik yang saling menguntungkan,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Budi menyampaikan kepada Saif Al Mazrouei bahwa Patimban menjadi pelabuhan rantai pasok pertama di Indonesia. Patimban terintegrasi dengan kawasan industri yang ada sekitar pelabuhan (hinterland).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...