PUPR Targetkan 16 Proyek Strategis Nasional Selesai Akhir Tahun

Image title
25 November 2023, 15:04
proyek strategis nasional
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Ilustrasi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 16 proyek strategis nasional atau PSN selesai pada akhir tahun ini. Beberapa proyek yang ditargetkan selesai tersebut, terdiri atas tiga bidang, yakni sumber daya air, bina marga atau jalan tol, dan perumahan.

"Setelah 16 PSN rampung akhir tahun, kami akan langsung melanjutkan penyelesaian 9 PSN pada semester I-2024, dan 15 PSN pada semester kedua tahun depan. Sisanya, sebanyak 42 PSN, ditargetkan selesai setelah 2024," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dilansir dari Antara, Sabtu (25/11).

Secara perinci, proyek strategis nasional bidang sumber daya air yang akan diselesaikan akhir tahun ini, antara lain Bendungan Lolak di Sulawesi Utara, Bendungan Karian di Banten, dan Bendungan Margatiga di Lampung.

Kemudian, Bendungan Cipanas di Jawa Barat, Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan, Bendungan Temef di NTT, Bendungan Tiu Suntuk di NTB, Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Bendungan Ameroro di Sulawesi Tenggara, dan DI Baliase di Sulawesi Selatan.

Sementara, proyek strategis nasional di bidang bina marga yang ditargetkan selesai akhir 2023, antara lain Jalan Tol Kisaran-TebingTinggi, Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Cinere-Jagorawi, dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Laku, PSN bidang perumahan yang ditargetkan selesai akhir tahun ini, adalah Rumah Susun (Rusun) Lanud Halim Perdana Kusuma, dan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pendukung ASEAN Summit di Tana Mori dan Labuan Bajo, NTT.

Sebagai informasi, tercatat sebanyak 173 proyek strategis nasional telah diselesaikan oleh Pemerintah dengan nilai sebesar Rp 1.442 triliun. Jumlah PSN yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR selama periode 2016-2023, adalah 201 PSN. Dari jumlah tersebut, sebanyak 88 PSN telah diselesaikan, dengan rincian 54 PSN selesai dan keluar dari daftar. Sementara, sebanyak 34 PSN telah selesai dan masih dalam daftar Permenko Perekonomian 7/2023.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...