Banding Nikel di WTO Untungkan RI, Hilirisasi Bisa Terus Berjalan

Happy Fajrian
3 Desember 2023, 11:48
larangan ekspor nikel, wto, hilirisasi
PT Antam TBK
Bijih nikel.

Masih berjalannya proses banding di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terkait kebijakan larangan ekspor nikel yang digugat oleh Uni Eropa dinilai menguntungkan Indonesia. Sebab dengan belum adanya keputusan final, kebijakan tersebut masih bisa diteruskan untuk mendorong hilirisasi.

“Bagi Indonesia itu bagus, karena tanpa ada keputusan final, dalam arti keputusan final itu ada ditingkat banding, jadi apapun policy-nya tetap bisa dilanjutkan,” ujar Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Internasional Bara Krishna Hasibuan di Timika, Papua Tengah, Minggu (3/12).

Bara menyampaikan, sambil menunggu hasil akhir dari banding yang diajukan pada Desember 2022, Indonesia tetap dapat melanjutkan kebijakan hilirisasi nikel.

Lebih lanjut, untuk melanjutkan banding WTO akan membentuk Badan Banding dan harus mendapat persetujuan dari semua anggota. Menurut Bara, hingga saat ini Amerika Serikat masih belum memberikan persetujuannya.

Badan Banding sendiri diperkirakan baru akan terbentuk pada 2024. Namun demikian, sidang banding tidak dapat langsung dilakukan, karena menunggu antrian.

“Badan banding baru terbentuk awal 2025, AS masih blocking. Kalau disetujui permintaan AS, enggak langsung terbentuk, butuh 6 bulan, kasus baru akan dibahas pertengahan 2026,” kata Bara.

Indonesia dinyatakan kalah atas gugatan Uni Eropa di WTO pada Oktober 2022. Gugatan tersebut terkait dengan pelarangan ekspor mineral mentah khususnya nikel ke luar negeri yang ditetapkan berlaku sejak 1 Januari 2020.

Berdasarkan hasil sidang, Indonesia dinyatakan kalah karena industri hilirisasinya dianggap belum matang oleh WTO. Menurut WTO, negara yang melarang ekspor suatu komoditas, harus memiliki industri yang benar-benar berkembang, sedangkan Indonesia, dinilai masih belum mencapai kemampuan tersebut.

Presiden Joko Widodo dengan tegas meminta meminta untuk terus melawan gugatan Uni Eropa atas kebijakan hilirisasi nikel.

“Enggak apa-apa, kalah. Saya sampaikan ke menteri, banding. Nanti babak kedua, hilirisasi lagi, bauksit. Artinya, bahan mentah bauksit harus diolah di dalam negeri agar kita dapat nilai tambah,” kata Jokowi, dilansir situs resmi Sekretariat Kabinet RI, Rabu (30/11/2022).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...