Uji Coba Sistem Pembayaran Tol MLFF di Bali Pekan Depan Masih Internal

Andi M. Arief
6 Desember 2023, 18:17
MLFF, sistem pembayaran, sistem pembayaran tol MLFF
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.
Ilustrasi.

Badan Pengelola Jalan Tol atau BPJT menyampaikan uji coba sistem transaksi non tunai nirsentuh berupa Multi Lane Free Flow atau MLFF baru dilakukan secara internal. Uji coba sistem pembayaran tol MLFF akan dilakukan di Tol Bali Mandara pada pekan depan, Selasa (12/12).

Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan Jalan Tol BPJT Ali Rachmadi Nasution mengatakan layanan MLFF belum dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Menurutnya, layanan tersebut baru dapat dinikmati masyarakat setelah evaluasi terhadap uji coba internal rampung.

"Uji coba MLFF kepada masyarakat tergantung dari hasil evaluasi uji coba pekan depan. Nanti akan disampaikan waktu uji coba MLFF pada masyarakat setelah dinyatakan sistem tersebut handal," kata Ali kepada Katadata.co.id, Rabu (6/12).

Sistem MLFF akan menghubungkan beberapa sistem informasi, yakni teknologi MLFF atau Cantas, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), dan Electronic Registration and Identification (ERI).  Dalam sistem MLFF, Cantas akan mendata dan mengolah transaksi jalan tol dengan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

Setelah itu, menurut dia, kamera khusus yang dipasang di sepanjang jalan tol akan merekam nomor polisi kendaraan yang melalui jalan tol untuk diverifikasi dengan sistem ETLE dan ERI.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...