Mendag Zulhas Beri Lampu Hijau Tiktok Merapat ke Tokopedia

 Zahwa Madjid
7 Desember 2023, 11:14
tiktok, tokopedia, mendag
Unsplash
Ilustrasi. TikTok dikabarkan akan mengumumkan kesepakatan kerja sama dengan GoTo Gojek Tokopedia pada pekan ini atau pekan depan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan lampu hijau terkait rencana TikTok untuk kembali masuk ke bisnis e-commerce dengan menggandeng PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). 

"Kalau kerja sama kan boleh, kecuali kalau buka usaha baru. Industri luar negeri kerja sama kan boleh," ujar Zulhas dalam Peluncuran Buku Putih Startegi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital di Jakarta, Rabu (6/12).

Advertisement

Zulhas mengatakan, TikTok sejauh ini belum melakukan pengajuan perizinan untuk membuka e-commerce atau TikTok Shop di Indonesia. Namun, ia menekankan bahwa para pelaku usaha harus taat pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

Menurut dia, aturan tersebut diterbitkan untuk mendukung pemberdayaan UMKM dan pelaku usaha e-commerce dalam negeri, serta meningkatkan perlindungan konsumen.

“Kami tata agar social commerce atau e-commerce bisa mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

TikTok sebelumnaya dikabarkan akan berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia. Mengutip kabar terbaru dari Dealstreat Asia, TikTok dikabarkan akan mengumumkan kesepakatan kerja sama dengan GoTo Gojek Tokopedia pada pekan ini atau pekan depan. "Pembicaraan antara pemilik TikTok yakni ByteDance dengan Tokopedia terkait kemitraan dan investasi sedang dalam tahap akhir," kata sumber DealStreetAsia, Rabu (6/12).

Beberapa sumber DealStreetAsia menyampaikan, ada kemungkinan TikTok akan mengambil saham kecil di Tokopedia. Kemudian secara bertahap meningkatkannya menjadi saham mayoritas.

"Awalnya, ByteDance menginginkan 10% saham di Tokopedia. Namun GoTo telah mendorong mereka (ByteDance) untuk mengambil alih 50% dan membiarkan mereka menjalankan bagian bisnis e-commerce itu,” kata seorang sumber yang mengetahui perkembangan tersebut.

Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement