Smelter Titanium Pertama RI Dibangun di Bangka, Berapa Investasinya?

Agustiyanti
8 Desember 2023, 15:35
agus gumiwang, menteri perindustrian, titanium, smelter titanium
Situs Kementerian Perindustrian
Ilustrasi. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, pembangunan smelter titanium dapat meningkatkan nilai tambah industri ini di dalam negeri.

Indonesia akan memiliki smelter titanium pertama yang dibangun di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Progres pembangunan proyek ini sudah mencapai 75%. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, pembangunan smelter titanium dapat meningkatkan nilai tambah industri, mengurangi ketergantungan pada impor dan meningkatkan nilai tambah dalam rantai pasok industri. Nilai investasi proyek ini mencapai Rp 1,3 triliun. 

Advertisement

“Pemerintah secara aktif memacu hilirisasi industri dalam rangka peningkatan nilai tambah bahan baku mineral di dalam negeri,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada Peluncuran Smelter Titanium PT Bersahaja Berkat Sahabat Jaya di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (7/12), seperti dikutip dari siaran pers. 

Agus mengapresiasi PT Bersahaja Berkat Sahabat Jaya yang telah merealisasikan investasinya untuk pembangunan industri pengolahan atau pemurnian (smelter) ilmenite menjadi produk titanium slag tersebut. Ilmenite merupakan salah satu sumber unsur titanium (Ti) yang dibutuhkan untuk membuat berbagai paduan performa tinggi.

Ilmenite terbentuk sebagai mineral utama dalam batuan beku mafik, terkonsentrasi dalam suatu lapisan dan ditemukan sebagai limbah dari pertambangan timah atau pertambangan pasir zirconium. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement