Di Depan Pengusaha, Anies Janji Fokus Hilirisasi Sektor Perkebunan

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Desember 2023, 15:01
anies,
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/YU
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menyapa relawan dan simpatisan se-Bengkulu di gedung sport center Kota Bengkulu, Bengkulu, Rabu (6/12/2023).

Calon Presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menilai hilirisasi terhadap komoditas perkebunan dan pertanian lebih mendatangkan potensi keuntungan berlebih ketimbang proyek hilirisasi pertambangan.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam acara dialog bersama capres yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta, Senin (11/12). Ia menawarkan gagasan untuk mengerek kontribusi industri manfaktur terhadap PDB, yakni lewat hilirisasi komoditas perkebunan dan pertanian seperti kopi dan coklat.

"Jika mendorong industrialisasi di bidang pertanian dan perkebunan, maka bukan hanya menciptakan lapangan pekerjaan, tapi nilai tambah dari produk yang diserap," kata Anies.

Anies mengatakan pengolahan lanjutan komoditas hayati yang berorientasi padat karya dapat menumbuhkan partisipasi PDB sektor manufaktur hingga 22-23% dalam lima tahun ke depan.

"Kami ingin kembalikan kontribusi sektor manufaktur paling tidak di penghujung 2029. Maka yang ingin kami lakukan adalah reindustrialisasi," ujar Anies.

Anies menjelaskan, proyek hilirisasi sektor perkebunan dan pertanian ini bakal menjalankan skema yang berbeda dari barang tambang yang berjalan saat ini.

Dia mencontohkan, potensi hilirisasi kopi dan cokelat di Sulawesi Selatan dapat menghadirkan nilai tambah hingga produk paling ujung siap konsumsi. Berbeda dengan hilirisasi nikel yang mayoritas berorientasi pada produk antara atau bahan baku setengah jadi.

"Coba lihat cokelat Belgia. Materialnya banyak dari Indonesia, tapi jutsru nilai tambahnya di sana," katanya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...