Ganjar Usul Indeks Kebahagian Masuk Formula Perhitungan UMP

Andi M. Arief
11 Desember 2023, 18:57
ganjar, indeks kebahagiaan UMP
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) bersama moderator Gita Wirjawan (kanan) memaparkan visinya dalam Dialog Apindo bersama Capres 2024 di Jakarta, Senin (112/2023). Dalam paparannya Ganjar menekankan upaya penyelesaian persoalan pengupahan yang menjadi solusi bersama antara pekerja dan pengusaha sehingga tidak selalu menjadi polemik yang berulang.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menolak penetapan formula upah minimum yang saat ini hanya memperhitungkan variabel pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Menurutnya, perlu ada variabel yang ditambahkan dalam formula tersebut, salah satunya indeks kebahagiaan.

Ganjar menemukan, pihak buruh maupun pekerja tidak puas dengan formula upah minimum saat ini. Ia juga melihat kepala daerah kesulitan dalam menentukan penyesuaian upah minimum di daerah masing-masing dengan formula saat ini.

"Dalam menentukan upah minimum, pemimpin tertinggi jangan pernah merasa jijik saat harus bersentuhan dengan lapisan masyarakat paling bawah, karena itu menyelesaikan persoalan," kata Ganjar dalam Dialog Capres bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia, Senin (11/12).

Formula upah minimum dalam beleid tersebut adalah jumlah antara inflasi dengan hasil perkalian antara pertumbuhan ekonomi dan alfa. Formula tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2023. Alfa dalam formula penetapan UMP/UMK ditentukan dalam rentang 0,1 sampai 0,3 yang merupakan representasi rata-rata kontribusi unsur ketenagakerjaan dalam pertumbuhan ekonomi. 

Ganjar  juga menilai perhitungan upah minimum menggunakan Indeks Kelayakan Hidup Layak tidak menyelesaikan masalah. Menurutnya, indeks tersebut justru menghasilkan angka yang berbeda antara buruh dan pengusaha. Oleh karena itu, penghitungan upah minimum harus disertai kebijakan lain yang spesifik membantu pekerja.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...