ADB Jajaki Pembiayaan MRT Balaraja - Cikarang, Lewati Stasiun Thamrin

Tia Dwitiani Komalasari
14 Desember 2023, 19:54
Kendaraan melintasi proyek MRT Fase 2 di kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/11/2023). PT MRT Jakarta menyatakan proses pekerjaan pembangunan MRT Fase 2A CP 203 (Stasiun Glodok-Kota) sudah mencapai 41,47 persen.
ANTARA FOTO/Putu Indah Savitri/wpa/foc.
Kendaraan melintasi proyek MRT Fase 2 di kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/11/2023). PT MRT Jakarta menyatakan proses pekerjaan pembangunan MRT Fase 2A CP 203 (Stasiun Glodok-Kota) sudah mencapai 41,47 persen.

Asian Development Bank (ADB) masih terus melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Indonesia terkait rencana pembiayaan pembangunan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) koridor Timur-Barat.

"Kami sedang berdiskusi secara aktif. Untuk membantu mereka dalam hal pendanaan dan bantuan teknis,"  kata Direktur ADB untuk Indonesia Jiro Tominaga, Kamis (14/12), dikutip dari Antara.

MRT Jakarta koridor Timur-Barat akan terbentang sepanjang 84,1 kilometer dari Balaraja, Banten hingga Cikarang di Jawa Barat. Fase 1 Tahap 1 MRT koridor Timur-Barat akan meliputi jalur dari Tomang di Jakarta hingga Medan Satria di Bekasi.

Fase 1 Tahap 1 MRT Jakarta koridor Timur-Barat akan memiliki 21 stasiun yang terdiri dari delapan stasiun bawah tanah dan 13 stasiun layang. Koridor ini juga akan terintegrasi dengan koridor Utara-Selatan dengan titik temu di Stasiun Thamrin yang saat ini sedang dibangun.

Pada bulan lalu, Pemerintah Indonesia dan Japan International Cooperation Agency (JICA) telah menandatangani risalah pembahasan penilaian (minutes of discussion/MoD of appraisal mission) proyek MRT koridor Timur-Barat Fase 1 Tahap 1.

JICA merupakan lembaga bantuan pembangunan resmi Pemerintah Jepang yang berfokus pada penyediaan bantuan keuangan dan teknis kepada negara-negara berkembang untuk mendukung pembangunan ekonomi dan sosial. JICA juga merupakan salah satu pihak yang berkomitmen untuk membantu pembangunan infrastruktur transportasi massal di Indonesia, termasuk MRT.

MRT Koridor Utara -Selatan

MRT koridor Utara-Selatan sudah beroperasi sepanjang 16 kilometer dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI Jakarta. MRT mencatat rata-rata penumpang harian mencapai 100.000 ribu orang per hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...