MTI: Uji Coba Sistem Pembayaran Tol MLFF di Bali Belum Memuaskan

Andi M. Arief
27 Desember 2023, 14:01
MLFF, sistem pembayaran, tol
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.
Ilustrasi. Penerapan sistem pembayaran MLFF tengah diujicoba.

Masyarakat Transportasi Indonesia atau MTI menilai, hasil uji coba sistem transaksi nontunai nirsentuh multi lane free flow atau MLFF belum memuaskan. Uji coba MLFF berlangsung di Tol Bali Mandara pada 12 Desember 2023 hingga akhir tahun ini.

Ketua Forum Digitalisasi Transportasi MTI Muhammad Lutfi Bakrie mencatat, uji coba MLFF dijadwalkan berlangsung pada November 2023 sampai Januari 2024. Lutfi memproyeksikan uji coba MLFF secara keseluruhan belum berhasil.

"Selain itu, hasil uji coba MLFF belum sesuai dengan syarat atau prasyarat yang diinginkan pemerintah. Dalam hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Lutfi dalam konferensi pers di Stasiun Whoosh Halim, Rabu (27/12).

Walau demikian, Lutfi menekankan bahwa MTI mendukung implementasi teknologi MLFF di dalam negeri. Menurutnya, beberapa evaluasi uji coba kepada PT Roatex Indonesia Toll System selaku operator MLFF adalah terkait model bisnis dan integrasi.

Ketua Umum MTI Tory Damantoro mengatakan, teknologi MLFF dibutuhkan lantaran transaksi harian di gerbang tol telah mencapai 4 juta kali. Ini membuat kemacetan terjadi di gerbang tol yang berujung pada pemborosan subsidi bahan bakar minyak.

Tory menilai, kemacetan tersebut juga berkontribusi pada polusi udara di kawasan perkotaan. Namun, ia  menegaskan implementasi MLFF dapat dilakukan jika teknologi yang digunakan adalah teknologi terbaik.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...