Angka Kecelakaan Transportasi Naik Tahun Ini, Jawa Timur Paling Banyak

Andi M. Arief
27 Desember 2023, 14:57
kecelakaan transportasi, sepeda motor, transportasi
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/YU
Ilustrasi. Kecelakaan transportasi paling banyak terjadi pada sepeda motor.

Masyarakat Transportasi Indonesia atau MTI mendata volume kecelakaan transportasi di dalam negeri naik 6,4% menjadi sekitar 116.000 kejadian. Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah kecelakaan terbanyak yang mencapai hampir seperempat dari total kejadian di seluruh Indonesia. 

Wakil Ketua Umum Bidang Keselamatan MTI Rivan Purwantono mengatakan, mayoritas atau 70% dari total kecelakaan yang terjadi sepanjang tahun ini adalah kecelakaan sepeda motor. Separuh dari total kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh tabrakan berhadapan. 

Meski volume kecelakaan meningkat,  jumlah korban jiwa akibat kecelakaan turun 6,5%. "Golden periode dalam menangani kecelakaan itu 30 menit pertama. Waktu penanganan kecelakaan oleh PT Jasa Raharja 10 menit 45 detik dari kecelakaan sampai ditangani di rumah sakit. Itu yang menyebabkan fatalitasnya berkurang," kata Rivan dalam konferensi pers di Stasiun Whoosh Halim, Rabu (27/12). 

Jasa Raharja adalah perusahaan asuransi yang bertugas sebagai penjamin pertama korban kecelakaan lalu lintas di dalam negeri. Rivan yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Jasa Raharja mengatakan telah menghubungkan kepolisian dan 2.600 rumah sakit di penjuru negeri dalam menangani kecelakaan lalu lintas. 

Ia mencatat, mayoritas atau sekitar sepertiga kecelakaan transportasi sepanjang 2023 terjadi di Pulau Jawa. Provinsi dengan jumlah kecelakaan terbesar ada di Jawa Timur mencapai 25.000 kejadian. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...