Hutama Karya Buka Tol Sumatera Fungsional, Hubungkan Antar Provinsi

Image title
1 Januari 2024, 15:32
Ilustrasi Tol Sumatera. Foto udara pembangunan jalan tol Medan-Binjai, Sumatera Utara, Sabtu (6/5).
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Ilustrasi Tol Sumatera. Foto udara pembangunan jalan tol Medan-Binjai, Sumatera Utara, Sabtu (6/5).
Button AI Summarize

Untuk meningkatkan kelancaran arus kendaraan selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT Hutama Karya (Persero) mengoperasikan sejumlah tol secara fungsional di wilayah Sumatera. Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyebutkan Tol Bangkinang- Koto Kampar dan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura dioperasikan fungsional selama libur Tahun Baru 2024.

Tjahjo mengatakan pengoperasian dua tol tersebut akan membuka konektivitas dua provinsi yaitu Sumatera Utara dan Aceh. "Penambahan kedua jalur tol tersebut tak sekadar memangkas waktu perjalanan antar kota, melainkan menghubungkan pula provinsi-provinsi di Sumatera," kata dia dikutip dari IDX Channel, Minggu (31/12).

Tol Bangkinang-Koto Kampar yang terbentang sepanjang 24,7 kilometer itu terhubung dengan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang lebih dulu beroperasi pada Oktober 2022. Jalur ini membuka konektivitas dari Pekanbaru ke Koto Kampar, masih sama-sama dalam satu Provinsi Riau, dan sebaliknya.

Tol ini juga merupakan akses penghubung antara Tol Pekanbaru-Padang, sehingga akan menghubungkan dua provinsi yaitu Riau dan Sumatera Barat, dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera atau Tol Sumatera. "Lewat tol ini, pengguna jalan dari Pekanbaru yang ingin berkunjung ke wisata Payakumbuh atau pengguna jalan dari Padang yang ingin menikmati pemandangan di daerah Riau dapat memangkas waktu tempuh menjadi lebih cepat," kata dia.

Sedangkan Tol Binjai-Langsa Kuala Bingai-Tanjung Pura yang membentang sepanjang 19 kilometer merupakan bagian dari Tol Binjai-Langsa yang sebelumnya telah beroperasi dari Binjai hingga Kuala Bingai yang berada di Sumatera Utara. Tol ini, menurut Tjahjo, akan mempermudah akses pengguna jalan menuju Langsa, Aceh, dengan jarak tempuh 30 menit.

Ia mengatakan pengoperasian seksi baru ini akan mempermudah akses pengguna jalan dari Binjai, Sumatera Utara, menuju ke Langsa di Aceh, atau sebaliknya. "Dengan menghemat waktu tempuh dari Binjai menuju Tanjung Pura yang semula 1,5 jam menjadi 30 menit saja," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...