Skandal Uji Keselamatan Daihatsu, Kemendag: Mobil Buatan Lokal Aman

Andi M. Arief
4 Januari 2024, 12:31
Ilustrasi, pabrik PT Astra Daihatsu Motor.
Dok. Astra Daihatsu Motor.
Ilustrasi, pabrik PT Astra Daihatsu Motor.
Button AI Summarize

Kementerian Perdagangan memastikan skandal uji keselamatan Daihatsu tidak berdampak pada industri otomotif dalam negeri. Sebab, mobil Daihatsu buatan Indonesia tidak termasuk dalam skandal tersebut dan telah lolos uji kendaraan bermotor.  

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Moga Simatupang mengatakan PT Astra Daihatsu Motor atau ADM telah mendapatkan klarifikasi dari induknya di Jepang. Ada dua merek mobil Daihatsu yang terlibat dalam skandal tersebut, yakni Mobil Hybrid Daihatsu Rocky e-Smart dan varian Toyota Raize.

"Kedua mobil tersebut tidak diproduksi di Indonesia dan mobil Daihatsu yang diproduksi di Indonesia sudah mematuhi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor," kata Moga dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (4/1).

Sebagai informasi, sejumlah mobil merek Toyota yang dipasarkan di Indonesia diproduksi oleh ADM. Mobil-mobil ini kemudian dirilis ulang atau rebadge dengan merek Toyota, seperti Agya, Calya, Raize, Rush, dan Avanza. 

Daihatsu Jepang sebelumnya mengakui telah memanipulasi sekitar 88 ribu data dalam tes keselamatan. Uji keselamatan tersebut merupakan syarat pengajuan izin penjualan pada pertengahan 2023.

Secara rinci, data yang dimanipulasi Daihatsu Jepang terkait keamanan pintu bagian depan. Sebagian besar mobil yang terlibat dalam skandal tersebut dijual memakai merek Toyota, induk Daihatsu.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...