Bandara Minangkabau Padang Ditutup Lagi Akibat Gunung Marapi Erupsi

Agustiyanti
5 Januari 2024, 14:22
bandara minangkabau, gunung marapi
ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/tom.
Sejumlah calon penumpang pesawat mengantre di loket maskapai penerbangan untuk mengambil pengembalian tiket di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Jumat (22/12/2023). Bandara Minangkabau kembali ditutup pada Jumat (5/1) seiring kembali erupsi-nya gunung Marapi.
Button AI Summarize

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menginstruksikan untuk menutup sementara operasional Bandara Internasional Minangkabau Padang. Langkah ini merupakan mitigasi lantaran Gunung Marapi kembali erupsi. 

Penutupan bandara hari ini diumumkan melalui Notice to Airmen (NOTAM) dengan Nomor B0030/24 NOTAM mulai pukul 10.45 WIB hingga pemberitahuan selanjutnya. Langkah ini dilakukan dengan alasan keselamatan penerbangan, terutama karena terdapat sebaran abu vulkanik yang dapat membahayakan dan menghentikan kerja mesin pesawat terbang.

Berdasarkan pengamatan lapangan, paper test lapangan berupa paper test yang dilakukan pada pukul 07.00 s.d. 10.15 WIB hari ini (5/1) terdeteksi adanya abu Gunung Marapi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni, menyatakan bahwa keputusan penutupan ini diambil dengan pertimbangan utama terhadap keselamatan penerbangan.

Berdasarkan informasi, abu gunung berapi ini berdampak pada 29 penerbangan. Satu penerbangan harus kembali ke bandara asal atau return to base dan satu lainnya harus mengalihkan pendaratan ke bandara lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...