Pemerintah Targetkan Dua Ruas Tol Pekanbaru-Padang Rampung Tahun Ini

Andi M. Arief
12 Januari 2024, 12:03
tol, jalan tol trans sumatera, jalan tol
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/Spt.
Ilustrasi.Tol Bangkinang-Koto Kampar ditargetkan rampung lebih dulu dan beroperasi pada April 2024.
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menargetkan, penyelesaian dua ruas jalan tol pada tol Pekanbaru-Padang pada tahun ini. Kedua ruas tol tersebut adalah Tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer dan Padang-Sicincin sepanjang 36,6 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan Tol Bangkinang-Koto Kampar akan lebih dulu rampung dan beroperasi pada April 2024.  Target tersebut sebenarnya molor lima bulan dari target sebelumnya pada Desember 2023

"Dengan tersambungnya ruas ini, nantinya akan mengintegrasikan antara Kota Pekanbaru, Kota Bangkinang, dan Kecamatan XIII Koto Kampar, dimana terdapat potensi pengembangan kawasan wisata, industri, dan perkebunan," kata Basuki dalam keterangan resmi, Kamis (11/1).

Basuki menyampaikan tol Bangkinang-Koto Kampar merupakan bagian dari koridor pendukung Jalan Tol Trans Sumatra yang akan menghubungkan Riau dan Sumatra Barat. Adapun sebagian lokasi wisata yang dimaksud adalah Candi Muara Takus dan Kelok Sembilan

Konstruksi Tol Bangkinang-Koto Kampar dilakukan oleh PT Wijaya Karya dan PT Hutama Karya. Total investasi dalam pembangunan jalan bebas hambatan tersebut mencapai Rp 4,83 triliun.

Basuki mencatat, sejauh ini telah ada enam ruas JTTS sepanjang 596 kilometer yang telah beroperasi. Sementara itu, panjang jalan tol yang masih dalam konstruksi adalah 361 kilometer dalam tujuh ruas. Basuki menargetkan seluruh jalan tol yang masih dalam tahap konstruksi rampung pada tahun ini.

Ruas tol tersebut, yakni:  

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...