Kemenhub Masih kaji kemungkinan Kereta Cepat Lewat Yogyakarta

Andi M. Arief
26 Januari 2024, 13:14
kereta cepat, kereta cepat jakarta-surabaya
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung parkir usai peresmiannya di Stasiun Padalarang, Jawa Barat, Senin (2/10/2023). Presiden Joko Widodo meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung yang dinamakan Whoosh untuk dioperasionalkan secara umum.
Button AI Summarize

Pemerintah berencana melanjutkan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung hingga menuju Surabaya. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan pihaknya masih belum dapat memastikan apakah rute akan melalui Yogyakarta atau kota lainnya.

"Belum ada hal-hal yang bisa disampaikan lebih detail. Soal rute masih dikaji juga mana yang lebih layak. Nantinya tentu akan ada studi kelayakan terkait hal tersebut," kata Adita kepada Katadata.co.id, Jumat (26/1).

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam sejumlah pemberitaan di media massa sempat menyebut perpanjangan rute kereta cepat Jakarta-Bandung kemungkinan akan digarap hingga Yogyakarta terlebih dahulu. Namun, hal tersebut harus melalui studi kelayakan. 

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan,  perpanjangan trayek Whoosh hingga Surabaya akan menumbuhkan tiitk-titik ekonomi baru di sepanjang Pulau Jawa. Menurutnya, rute perpanjangan Whoosh tersebut akan melewati Yogyakarta.

Kepala Negara mengatakanPulau Jawa akan memiliki dua jenis transportasi yang berbeda di bagian utara dan bagian selatan. Menurutnya, transportasi bagian utara Pulau Jawa adalah jalan tol, sedangkan di bagian selatan adalah kereta cepat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...