Sulitnya Mencari Beras di Indomaret dan Alfarmart

Agustiyanti
12 Februari 2024, 14:09
minimarket, indomaret, alfamart, beras
Katadata/Andi M. Arief
Ilustrasi. Stok beras langka di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.
Button AI Summarize

Tak sulit bagi Rizal untuk menjangkau minimarket seperti Indomaret dan Alfamart yang hanya berjarak lima menit dari rumahnya di Pamulang Timur, Tangerang Selatan. Meski demikian, ia sempat bingung untuk membeli beras. Stok bahan pokok tersebut tak tersedia di kedua minimarket tersebut. 

"Sudah coba di dua minimarket, Indomaret dan Alfamart yang cukup besar dekat rumah. Tapi stoknya kosong," ujar Rizal kepada Katadata.co.id, Senin (12/2). 

Lantaran tak berhasil mendapatkan beras di minimarket, Rizal akhirnya membeli beras dari warung Madura di dekat rumahnya. "Akhirnya dapat di warung madura, Rp 14 ribu per kg untuk beras pulen," kata Rizal. 

Muhamad, warga Bintaro, Tangerang Selatan juga sempat bingung melihat rak beras di salah satu minimarket yang berada di Bintaro. Beragam merek beras premium yang biasanya tersedia penuh di rak tersebut mendadak hampir kosong.  "Tiba-tiba di rak beras, hanya ada jenis beras merah," ujar Muhamad kepada Katadata.co.id. 

Wati, warga Depok, memiliki pengalaman yang berbeda. Ia kesulitan membeli beras premium merek tertentu melalui Indomaret online. "Beras yang mau saya beli belakangan selalu kosong, enggak ada stok," ujar Wati. 

Ia mengatakan, banyak beras premium merek tertentu yang biasa dibeli dari Indomaret Online dalam sebulan terakhir sulit diperoleh. Ia akhirnya beralih pada jenis beras lainnya yang tersedia. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, penjualan beras di Indomaret yang berada di Jalan Bendungan Hilir dibatasi dua kemasan per konsumen. Beras yang dimaksud yakni beras premium kemasan lima kilogram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...